Tinjau Ketersediaan Bahan Pokok dan Stabilitas Harga, Wako Deri Asta Kunjungi Pasar Sawahlunto

Sawahlunto, beritaterbit.com – Hari ke-3 di Bulan Ramadhan 1444 H (Sabtu, 25 Maret 2023), Walikota (Wako) Sawahlunto Deri Asta, SH didampingi Sekdako Dr. dr. Ambun Kadri MKM, Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti S.Sos, Perwakilan Dandim 0310/SSD, Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Nurwansyah S.STP, MM, Dinas Kesehatan, Ketua TP PKK Sawahlunto Ny. Meivyta Deri Asta, beserta tim melakukan kunjungan dalam rangka Monitoring Ketersediaan Bahan Pokok (pangan) dan Stabilitas Harga di Pasar Kota Sawahlunto.

Wako Deri Asta beserta rombongan berkeliling sembari berdialog dengan para pedagang yang ada di Pasar Kota Sawahlunto.

Terkait kunjungannya tersebut, Wako Deri Asta jelaskan bahwa kedatangannya bersama Tim ke Pasar Sawahlunto adalah dalam rangka melakukan peninjauan ketersediaan bahan pokok dan mengecek kestabilan harga.

“Kunjungan kita hari ini adalah untuk melihat dan memastikan langsung di lapangan ketersedian bahan pangan yang ada di Kota Sawahlunto, sekaligus mengecek kestabilan harga khususnya di Bulan Suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Untuk saat ini harga masih stabil, kalau masalah kenaikan harga itu pasti tapi saat ini masih dalam angka yang signifikan. Nanti kalau terjadi lonjakan harga yang terlalu tinggi kita akan lakukan mekanisme Operasi Pasar nantinya. Namun untuk saat ini masih aman. Ketersediaan bahan cukup, harga juga masih stabil,” terang Deri Asta usai melakukan peninjauan keliling pasar.

Pada kesempatan itu, Wako Deri Asta juga menghimbau agar para pedagang tidak melakukan penimbunan bahan pokok.

“Kita himbau para pedagang tidak ada yang melakukan penimbunan bahan pokok. Selain bertentangan dengan hukum, ini juga akan berpengaruh terhadap ketersediaan dan kestabilan harga. Tapi kalau ada ditemukan pedagang kita yang melakukan hal ini, kita akan serahkan kepada pihak yang berwajib untuk menanganinya,” tegas Deri Asta.

Untuk masalah Pasar Pebukoan, Pemerintah Kota (Pemko) bersama Dinas Kesehatan juga sudah melakukan pengecekan makanan/jajanan pabukoan yang dijual di Pasar Pabukoan.

“Untuk Pasar Pabukoan kita sudah lakukan pengecekan terhadap makanan yang dijual. Namun kita tetap menghimbau agar para pedagang pasar Pabukoan selalu menggunakan bahan-bahan yang aman dikonsumsi dan tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan,” tutup Wako.

Sementara Sekdako Dr. dr. Ambun Kadri MKM menambahkan, untuk Pasar Pabukoan sudah dilakukan pengecekan dan uji oleh Tim dari Dinas Kesehatan, BPOM dan Puskesmas terhadap makanan yang dijual oleh pedagang Pasar Pabukoan.

“Insya Allah seperti tahun-tahun sebelumnya di Kota Sawahlunto ini belum ada kejadian/kasus untuk Pasar Pabukoan. Dari hasil uji yang kami lakukan, hingga saat ini makanan Pasar Pabukoan aman dikonsumsi dan aman untuk kesehatan,” tandasnya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.