TINGALANDALEM JUMENENGAN KE-18 SISKS PAKOE BOEWONO XIII

Surakarta, Beritaterbit.com – 27 Februari 2022 GRM Suryo Aryo Mustiko atau KGPH Purbaya dinobatkan sebagai Putra Mahkota dengan gelar Gusti Pangeran Adipati Anom Sudibyo Raja Putro Nalendra Ing Mataram.

Pengukuhan putra dalem Raja Keraton Solo SISKS Pakubuwana (PB) XIII Hangabehi dengan permaisuri Gusti Kanjeng Ratu Pakubuwana XIII itu dilaksanakan dalam Tingalan Dalem Jumenengan ke-18 PB XIII di Sasana Sewaka Keraton Solo.

Prosesi peringatan kenaikan tahta Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dengan Tari Bedaya Ketawang.

Pengageng Parentah Keraton Solo KGPH Dipokusumo atau Gusti Dipo mengatakan, pengukuhan putra dalem Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi sudah dilakukan dengan musyawarah keluarga.

Dengan pengukuhannya tersebut maka KGPH Purbaya sebagai penerus tahta Raja Keraton Solo berikutnya.

“Dalam tradisi keraton, hal-hal yang perlu disampaikan yaitu regenerasi atau kesinambungan. Salah satu prosesnya biasanya gelar-gelar yang disampaikan para keturunan, termasuk para abdi dalem, tentu saja dalam hal ini adalah bagaimana berkaitan dengan suksesi ke depan,” ucap Gusti Dipo ditemui seusai acara.

KGPH Purbaya merupakan putra tunggal PB XIII Hangabehi dengan permaisuri Gusti Kanjeng Ratu PB XIII Hangabehi.

Usianya 21 tahun dan masih menempuh kuliah di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang semester 4. (GP)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.