Ternyata Begini Cara Memuliakan Orang Tua Sesuai Ajaran Islam

Penting untuk mengajari anak sejak dini mengenai cara menghormati sekaligus memuliakan kedua orang tua. Ketika beranjak dewasa, maka si anak sudah paham tentang apa yang harus dilakukan dalam menghormati serta memuliakan kedua orang tuanya.

Namun, bagaimanakah cara memuliakan kedua orang tua yang sesuai dengan ajaran Islam? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Mendoakan Kedua Orang Tua

Tentunya kita semua sudah familiar dengan bacaan doa untuk kedua orang tua. Biasanya doa tersebut selalu dipanjatkan setelah seorang Muslim mengerjakan sholat fardhu. Adapun mengenai bacaan latin doa bagi kedua orang tua beserta artinya seperti berikut:

Allahummag firlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shaghiraa

Artinya: “Ya Allah,ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta sayangilah mereka berdua seperti mereka menyayangi diriku di waktu kecil.”

Adakah bacaan doa khusus bagi kedua orang tua yang sudah meninggal? Ya, ada doa khusus yang bisa dipanjatkan bagi kedua orang tua yang sudah meninggal seperti dibawah ini:

Alahummaghfir lahu warhamhu wa aafihi aa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil maa I wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas

Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilul jannata wa a ‘idzhu min a’dzaabil qobri wa fitnatihi wa min adzaabin naar

Artinya: Ya Allah, ampunilah dan rahamatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk.

Dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dar yang ditinggalkannya juga.

Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

2. Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Selain berjihad, berbakti kepada kedua orang tua juga merupakan salah satu amalan yang paling disukai oleh Allah SWT. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits riwayat HR. Bukhari dan Muslim seperti berikut:

“Saya bertanya kepada Nabi, ‘apakah amal yang paling dicintai oleh Alah? Beliau bersabda, ‘sholat tepat pada waktunya. Saya bertanya, ‘kemudian apa lagi?’. Beliau bersabda, ‘berbakti kepada kedua orang tua’. Saya bertanya, ‘kemudian apa lagi?’. Beliau bersabda, ‘jihad (berjuang) di jalan Allah.”

3. Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua

Ada beberapa ayat Al Quran yang memerintahkan bagi manusia untuk senantiasa berbuat baik kepada kedua orang tuanya.

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak dengan sebaik-baiknya. “Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan ‘ah’ kepada keduanya.” (QS. Al-Isra : 23).

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orangtuanya, ibu telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapih dalam dua tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu. Hanya kepada-Ku lah kalian kembali.” (QS. Luqman ayat 14).

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memuliakan kedua orang tua sesuai ajaran Islam.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.