Semarak HUT RI ke-78, Pemdes Sambirobyong Gelar Pentas Seni dan Bazar

Semarak HUT RI ke-78, Pemdes Sambirobyong Gelar Pentas Seni dan Bazar

Tulungagung, beritaterbit.com – Dalam memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Pemerintah Desa Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung menggelar pentas seni dan bazar di lingkup balai desa setempat, Jumat (25/08/23).

Bazar dan pentas seni berlangsung selama dua hari tiga malam, dari pentas seni di malam pertama tampil dari SD Negeri Sambirobyong yang menyuguhkan seni tari, reog dan tari jaranan. Di malam kedua menyuguhkan campursari dari paguyuban desa setempat, dan di malam terakhir menyuguhkan seni angklung.

Untuk bazar di ikuti enam dusun, tiap dusun satu stand tenda ditambah dari kelompok PKK. Bazar sendiri menyuguhkan produk muatan lokal dan aneka kuliner, yang lebih penting lagi dalam bazar sebenarnya mempromosikan sebuah anyaman dari bambu, yang mana masyarakat Desa Sambirobyong supaya tertarik dengan keterampilan menganyam yang bahannya dari bambu menjadi sebuah karya menarik dan layak untuk dipasarkan.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sambirobyong Gus Munip menjelaskan, dari bazar ini sebenarnya mengenalkan karya keterampilan tangan anyaman yang menarik, dan layak untuk ditiru dan dikembangkan oleh masyarakat Desa Sambirobyong. “Saya harap masyarakat tertarik dengan produk anyaman,” ungkapnya.

Sedangkan gebyar seni yang ditampilkan agar lebih menambah meriahnya suasana bazar, dan sebuah upaya melestarikan seni budaya Jawa. “Dengan melibatkan semua unsur elemen masyarakat diharapkan dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kerukunan antar warga,” tambahnya.

Ketika ditanya kenapa bazar dan pentas seni ini digelar di balai desa, menurut Kades, “Balai desa yang sekarang baru saja selesai dibangun dengan konsep kontruksi pendopo yang menggambarkan orang Jawa kuno, supaya masyarakat dapat mengetahui dan mengerti keberhasilan pembangunan balai desa yang sekarang,” terangnya.

Saat ditemui salah satu pengunjung bazar, Mulyoto warga dari Dusun Krajan Desa Sambirobyong, mengaku senang dengan acara seperti ini dan berharap semoga tahun depan juga diadakan lagi.

Saat disinggung tentang pemerintahan dari Gus Munip, Mulyoto mengaku merasa puas karena Gus Munip termasuk berhasil dapat membuat masyarakat merasakan kenyamanan, guyup, rukun itu terjadi.

“Semoga pak Kades terus sehat bisa memimpin desa ini. Acaranya bagus mas, meriah, semua masyarakat antusias dan senang. Semoga bisa lanjut dan mohon Gus Munip bisa mencalonkan lagi menjadi kades lagi,” pintanya.

Reporter: agus

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.