Rutin Melaksanakan Kegiatan Jum’at Bersih, Kades Cinta Mandi Baru Ajak Warga Berperilaku Hidup Bersih

Kepahiang, Beritaterbit.com – Redo Mardo Kepala Desa Cinta Mandi Baru Kecamatan Bermani Ilir aktif melaksanakan kegiatan jum’at bersih di lingkungan desanya demi menjaga kebersihan lingkungan desa serta menanamkan semangat membangun desa kepada seluruh masyarakat Desa Cinta Mandi Baru.

Hal ini disampaikan Redo ketika dihubungi via telepon pada Rabu (03/04/2024). Redo sapaan keseharian Kepala Desa Cinta Mandi Baru ini mengatakan, bahwa ia sedari awal masa jabatannya mulai menanamkan cinta bersih dan semangat membangun desa kepada seluruh masyarakat desa yang dipimpinnya.

“Kegiatan jum’at bersih ini rutin kita laksanakan mulai dari awal saya menjabat hingga saat ini masih aktif pelaksanaannya. Tujuan yang ingin kita raih dari kegiatan ini, yang pertama saya mengajak seluruh masyarakat untuk menanamkan semangat membangun desa, berprilaku hidup bersih yang kita mulai dari membersihkan lingkungan tempat tinggal masing-masing. Dengan adanya kegiatan rutin seperti ini, desa sehat lingkungan tempat tinggal sehat dapat terwujud dan dirasakan langsung oleh seluruh warga,” ujar Redo.

Selain membersihkan lingkungan desa, sasaran dari kegiatan ini adalah membersihkan jalan menuju desa cinta mandi Baru. Menurut Redo, kalau selalu menunggu dari pemerintah kabupaten dalam hal ini PUPR melaksanakan tebas bayang mungkin akses dari dan menuju desanya akan terganggu oleh rumput liar yang ada di sisi jalan.

Karena rutin dari pemerintah sifatnya berkala sehingga dengan adanya kegiatan jum’at bersih ini, menurut Redo akses jalan menuju Desa Cinta Mandi Baru menjadi lancar tanpa ada rerumputan liar yang menjulang menghalangi jalan.

“Ya kalau kita selalu menunggu dari pemerintah kabupaten kan tidak mungkin karena sifatnya berkala kalau untuk tebas bayang, jadi melihat kondisi ini pada kegiatan jum’at bersih selalu saya mengarahkan untuk membersihkan sisi jalan menuju desa kita ini. Sehingga akses menuju desa kita tidak terganggu oleh tumbuhnya rumput liar,” imbuh Redo.

Seperti kegiatan jum’at bersih pada minggu kemarin, Redo bersama warga telah selesai melakukan pembersihan sisi kiri kanan jalan menuju desanya. Tebas bayang ini dimulai dari pertigaan menuju Desa Cinta Mandi Baru hingga ke desa.

“Apalagi sebentar lagi kan lebaran, tentunya mobilitas masyarakat meningkat yang melintasi jalan ini sehingga fokus kegiatan jum’at bersih minggu kemarin kita pusatkan pembersihan sisi jalan dan ada beberapa titik yang kita tambal menggunakan semen karena memang berlubang. Hal ini guna menghindari para pengguna jalan ini dari kecelakaan,” tutup Redo.

Hal positif dari kegiatan jum’at bersih yang dilaksanakan di Desa Cinta Mandi Baru adalah terciptanya suasana desa yang bersih dan rapi. Hal ini terlihat dari awal masuk desa ini sudah terasa dan terlihat bersih dengan tidak adanya sampah yang berserakan, selokan dan drainase yang tersumbat.

Kegiatan seperti ini layak mendapatkan apresiasi serta bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di Kecamatan Bermani Ilir dan Kabupaten Kepahiang secara luas.

Penulis: Agustin

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.