Puluhan Ribu Masyarakat Tumpah Ruah Menghadiri PKA Ke 8 Di Banda Aceh

Banda Aceh, Beritaterbit.com – Puluhan ribu masyarakat tumpah ruah menghadiri acara Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Banda Aceh mulai tanggal 5 sampai 12 November 2023 yang dipusatkan di Taman Ratu Safiatuddin dibuka oleh Deputi Revolusi Mental Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Menko PMK, Didik Suhardi yang dihadiri Wali Nanggro Aceh Tgk A. Malik Haytar, PJ Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Forkopimda Aceh, Bupati/Walikota Seluruh Aceh, Ka. Parlok dan Parnas, Kepala SKPA dan tamu dari luar negeri dan Jakarta.

Sebagaimana diketahui bahwa Taman Ratu Safiatuddin memiliki luas 7 Hektar berada dibagian belakang kantor Gubernur Aceh terdapat 23 Anjungan Rumah Adat setiap Kabupaten/Kota di Aceh yang dibangun sekitar tahun 2002 semasa Presiden Megawati Soekarno Putri sekaligus hadir meresmikan Taman Ratu Safiatuddin dan Pembukaan PKA ke 4 tanggal 18 Agustus 2004.

Itulah Presiden Megawati pertama yang hadir membuka PKA ke 4 dan Presiden SBY hadir membuka PKA ke 5 dan ke 6. Sementara Joko Widodo tidak pernah hadir membuka acara PKA ke 7 dan 8.

Kehadiran masyarakat dari seluruh pelosok desa pada seluruh kecamatan dalam Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh agar dapat menyaksikan PKA. Tak ayal ada yang datang dengan sepeda motor, mobil pribadi, sewa mobil dan bus berbagai jenis. Sehingga Kota Banda Aceh puluhan ribu orang penuh sesak dimana-mana.

Seluruh hotel dan penginapan penuh telah di boking sebelumnya oleh pengusaha, tamu tamu dari Jakarta, Medan, Padang, Palembang dan kota Besar lainnya. Begitu juga tamu dan investor luar negeri mendapat fasilitas penginapan.

Sementara masyarakat dari kampung dan desa memilih istirahat atau menunggu shalat dan tidur tiduran di musalla, meunasah, masjid juga ada pada rumah saudara dan kenalan.

Diantara pengunjung dari Kabupaten Singkil Afrial Manik (57 Tahun) kepada Wartawan media Beritaterbit.com di arena pameran PKA mengatakan bahwa dia bersama keluarga sengaja datang pada acara PKA walau sangat jauh dari banda aceh.

Pada even PKA ke 8 tahun 2023 mengusung tema “Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia” dengan menampilkan Schedule sebagai berikut: Pembukaan dan Jamuan tanggal 4-5 November,
Seminar Internasional 5-6 November, Business Matching 5-9 November, Pertunjukan dan perlombaan seni 5-12 November, Product budaya 5-12 November, Festival Kuliner 5-12 November, Lomba Permainan Rakyat 6-11 November, Festival busana 7-9 November dan Festival Adat Budaya 7-12 November 2023.

Pada acara pawai budaya yang dihadiri Wali Nanggro Aceh Tgk A Malek Haytar, Kapolda, Pangdam Iskandar Muda, Forkopimda Aceh, 23 Bupati/Wali Kota se-Aceh, Kepala SKPA dan tamu undangan lainnya yang dilepas oleh PJ Gubernur Aceh Achmad Marzuki di Panggung Kehormatan di depan Masjid Baiturrahman Banda Aceh.

Selain pelepasan pawai karnaval budaya, juga hari itu ada acara perhelatan bot Ikan yang dihias dengan berbagai atraksi masing masing di Krueng (Sungai) Aceh dengan menempuh jarak 3 km.

Kemudian tempat acara selain di Taman Ratu Safiatuddin juga di Gedung Taman Budaya, Lapangan Blang Padang dan bantaran Krueng Lamnyong.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.