Hari Pertama Masuk Sekolah, Semua Sibuk Dengan Berbagai Kesiapan

Banda Aceh, Beritaterbit.com – Setelah menjalani masa libur sekolah lebih kurang 20 hari yang lalu, maka pada hari ini Senin tanggal 17 Juli 2023 merupakan hari pertama masuk sekolah Tahun Pelajaran 2023/ 2024.

Terkait hari pertama masuk sekolah semua unsur dan elemen masyarakat terlihat sibuk dengan berbagai persiapan kebutuhan murid, pelajar dan siswa. Dikatakan murid bagi anak sekolah TK, RA, SD dan MI. Kalau Pelajar bagi SMP dan MTS/N. Sedangkan Siswa untuk Sekolah SMA, SMK dan MA.

Orang tua/Wali dari anak yang sekolah pada hari pertama tentu berbagai keperluan perlu disiapkan.

1. Seragam Sekolah
Bagi setiap anak sekolah yang tersebut diatas dari berbagai jenjang tentu awal masuk sekolah perlu ada seragam sekolah mulai baju, celana, topi, sepatu, kaus kaki dan baju olah raga. Kemudian setiap sekolah khusus baju ada 3 macam, yaitu seragam putih, batik dan pramuka ditambah dasi dan seperangkat simbul baju.

Ada yang disiapkan disekolah dimana orang tua/ wali hanya mengisi formulir bahwa biaya kebutuhan seragam mencapai ratusan ribu rupiah disediakan di sekolah. Atau juga disiapkan orang tua wali dengan ketentuan seragam sekolah dapat dibeli dipasar. Namun seperti itu bisa merepotkan karena ada beda pada sisi tertentu dari pakaian tersebut.

Ini tentu berbeda setiap jenjang sekolah akan pakaian seragam. Walau bagaimanapun tentu semua orang tua / wali atas ketentuan sekolah akan mempersiapkan pakaian seragam sekolah bagi setiap anak dijenjang sekolah.

2. Keperluan Buku, dan Berbagai Lainnya
Disejumlah toko buku mulai minggu yang lalu sampai hari ini penuh sesak orang tua / wali ditoko buku untuk belanja keperluan anak berupa buku tulis, pulpen, rol, pensil, buku gambar, pensil cat, sampul buku, jangkar dan berbagai kebutuhan lainnya termasuk
Tas baru tempat buku.

Selain kebutuhan yang tersebut diatas juga sekarang orang tua/wali setiap hari mempersiapkan makanan berupa kue dan minuman. Ini butuh tempat kue dan botol minum yang steril dipakai anak.
Maka sekarang tersebut sekolah sehat, kantin sehat dan makanan sehat.

Pada hari ini Senin 17 Juli 2023 merupakan hari pertama masuk sekolah di Provinsi Aceh terlihat semua sibuk. Tak mengherankan mulai pagi tadi pukul 07.00 Wib semua bergegas pergi sekolah. Ada murid, pelajar dan siswa berlarian masuk kelas untuk bisa mendapatkan meja dan kursi tempat duduk di depan.

Kemudian bagi murid baru masuk ke sekolah kelas 1 SD atau MI perlu dijaga orang tua/wali sampai 1 minggu didepan sekolah. Setiap sekolah berharap demikian agar murid bisa menyesuaikan dengan lingkungan sekolah, mengenal teman dan terbentuk karakter belajar.

Bukan hanya orang tua/wali, juga murid, pelajar dan siswa yang sibuk dihari pertama sekolah terlihat juga sepanjang jalan padat kenderaan begitu juga disimpang jalan para Polisi Lalulintas bersama DLLAJR sibuk mengatur arus pengendara jalan.

Begitulah kenyataan yang harus dipahami bahwa dunia pendidikan dimana mana dapat mempengaruhi kehidupan manusia sehingga tidak mengenal waktu harus berpacu memperoleh kesempatan maka terlihat kesibukan bagi setiap orang.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.