Aceh Diguyur Hujan, Semua Aktivitas Terganggu

Banda Aceh, Beritaterbit.com – Sejak dini hari Minggu 24 Desember 2024, Aceh diguyur hujan di seluruh daerah di Provinsi Aceh dikarenakan musim angin ekstrim dari barat ke timur, mendung dan petir sehingga semua aktivitas warga masyarakat terganggu.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh, Nabila dari Blangbintang melaporkan bahwa diprediksi hujan, petir, angin di dataran rendah dan bertambah kabut di dataran tinggi Gayo, Gayo Luas dan Kutacane diprediksi sampai 4 hari kedepan.

Akibatnya akan terjadi banjir, bukit dan gunung terjadi longsor menimbun sisi kiri dan kanan jalan negara di dataran tinggi menuju arah barat, selatan, tengah dan tenggara. Kepada pengguna jalan raya perlu berhati-hati melintas di jalan tersebut karena licin dan longsor.

Menghadapi dan memanfaatkan libur akhir tahun dan tahun baru, mulai Sabtu kemarin banyak masyarakat bepergian keluar kota bersama keluarga dan teman-teman satu tim.

Sejak Minggu malam Aceh diguyur hujan, angin dan petir maka pada saat ini aktivitas masyarakat seperti pesta perkawinan terganggu dan terhenti dikarenakan tamu tak bisa datang.

Akibat guyuran hujan yang lama terjadi banjir menghantam permukiman penduduk di sebagian Kabupaten Singkil, Aceh Selatan, Gayo Lues, Aceh Timur, Kuala Simpang, Nagan Raya, Bireuen, Pidie dan Aceh Utara. Kemungkinan akan bertambah daerah lainnya.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Dr. Ir. Ilyas MP di sela-sela acara Funbike Budaya Sadar Bencana memperingati musibah tsunami ke-19 di Banda Aceh, Minggu 24 desember 2024 mengatakan telah mempersiapkan berbagai kebutuhan fasilitas utama dan tenaga siaga satu guna bisa segera dapat membantu mengatasi berbagai musibah bencana yang mungkin terjadi seketika dikarenakan ekstensi guyuran hujan yang terus menerus di seluruh daerah Provinsi Aceh.

Juga minta kepada BPBK di seluruh Kabupaten dan Kota tetap siaga dan waspada pada musibah diluar prediksi akan terjadi banjir, sungai meluap, tanah longsor, rumah tertimbun longsor, orang hilang, dan hanyut.

Sementara Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy S.H, S.I,Kom pada Acara kunjungan ke Pos Pelayanan dan Pengamanan Nataru di Bireuen, Sabtu 23 Desember 2023 pada kegiatan Operasi Lilin Selawah 2023 mengatakan, kepada wartawan bahwa Kepolisian tetap menjaga dan menjamin keamanan dan kelancaran berlaluintas warga walau suasana guyuran hujan sepanjang hari.

Kami berkoordinasi dengan unsur Pemerintah Daerah atau Dishub Aceh, unsur TNI, BMKG, PBPA agar secepatnya mampu mengatasi dan memberi pelayanan bila terjadi musibah yang tidak kita duga baik di jalan raya atau terjadi longsor yang menimbun badan jalan dan longsor jalan di daerah bukit dan gunung bisa terjadi karena guyuran hujan yang terus menerus selama ini.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.