Persiapan Sambut Kunjungan Wisatawan, Pemko Sawahlunto Benahi Beberapa Objek Wisata

Sawahlunto, beritaterbit.com – Libur Idul Fitri 1444 H akan tiba sebentar lagi dan diperkirakan kunjungan Wisata akan meningkat dari tahun sebelumnya.

Menghadapi hal tersebut Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto bersama Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sawahluto telah melakukan pembenahan-pembenahan di beberapa Objek Wisata yang ada di Kota Arang ini.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Parpora Kota Sawahlunto Adriyusman saat melakukan pertemuan dengan Awak Media di Puncak Cemara II, Jum’at (14/4/2023).

Adriyusman sampaikan, menjelang libur Idul Fitri 1444 H ini, Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Disparpora telah melaksanan peninjauan di beberapa Objek Wisata dan telah melakukan pembenahan-pembenahan terhadap Objek Wisata yang ada di Kota Sawahlunto dalam rangka menyambut dan menghadapi libur Idul Fitri yang lumayan cukup panjang ini.

“Saat ini persiapan dan pembenahan sudah dilakukan hampir 95 %. Jadi silaturahmi kita hari ini, kita berharap adanya masukan, sumbang saran dari kawan -kawan Media bagaimana baiknya Objek Wisata kita ini kedepannya. Ini adalah PR dan tugas yang cukup berat bagi kami, tentunya kami tidak akan bisa melaksanakan tugas ini sendiri tanpa dukungan semua pihak. Selain Pemerintah Kota dan steakholder, peran kawan-kawan Media juga sangat penting. Kami harapkan nanti ada masukan-masukan dan saran-saran, juga kerjasama kawan-kawan untuk mempromosikan wisata Kota Sawahlunto ini,” ungkap Adriyusman.

Adriyusman yang didampingi Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif, Meldi Hidayah Martha dan Kabid Destinasi, Tri Dharma Satria juga mengatakan bahwa momen libur panjang Idul Fitri ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kota Sawahlunto.

“Karena pada tahun ini diperkirakan sekitar 6 juta perantau akan pulang kampung ke Sumatera Barat ini. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya. Jadi kita akan targetkan kunjungan wisatawan kita 80 ribu atau 2 kali lipat dari tahun lalu yaitu 40 ribu. Tentunya ini membutuhkan kerja keras kita semua,” tambah Adriyusman.

Adriyusman juga katakan, bahwa telah dilakukan perbaikan-perbaikan sarana dan prasarana serta infrastruktur di Objek Wisata yang ada di Kota Sawahlunto.

“Minggu depan bersama Instansi terkait yang Insya Allah dipimpin langsung oleh Pak Wako, kita akan lakukan peninjaun akhir untuk memastikan kesiapan Objek Wisata kita,” lanjutnya.

Ada beberapa Objek Wisata andalan Kota Sawahluto yang dapat dikunjungi antara lain Taman Satwa Kandi, Puncak Cara I dan II, Museum Gudang Ransoem, Waterboom, Lubang Mbah Suro, Museoum Kereta Api Mak Itam, Meet Bin Kandi, Kebun Buah Kandi dan lain-lain.

Meldi Hidayah Marta menambahkan, Disparpora juga telah melakukan promosi masif terhadap Objek Wisata Kota Sawahlunto melalui Media Sosial.

“Untuk Informasi Objek Wisata dan tarifnya bisa dilihat di Kanal YouTube, IG, Facebook, Twitter dan Website. Namanya sama yaitu “sawahluntotourism”. Silahkan kwan-kawan Media juga bisa mempromosikannya,” ungkap Meldi Hidayah.

Sementara untuk Objek Wisata yang dikelola Swasta, Disparpora Kota Sawahlunto juga telah melakukan kerjasama dan koordinasi, diantara dengan Meer Von Kandi dan Pemandian Mudiak Lugha.

Di akhir penyampaian, Adriyusman kembali menambahkan bahwa Disparpora Kota Sawalunto akan berupaya agar seluruh Objek Wisata yang ada di Kota Sawahlunto memenuhi Standar CHSE (Cleanlines/Kebersihan, Health/Kesehatan, Safety/Keamanan and Environment Sustainablility/Kelestarian Lingkungan).

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.