Pentingnya Menjaga Asupan Nutrisi di Usia Lanjut

beritaterbit.com – Chrisanthy W. I Werung, Mahasiswa Fakultas Keperawatan, Universitas Katolik De La Salle.

Hidup dengan usia yang panjang adalah suatu karunia yang diinginkan oleh setiap manusia, namun harus diperhatikan bahwa lanjut usia akan mengalami perubahan atau penurunan fungsi dalam tubuh. Seserorang yang memasuki lanjut usia haruslah memperhatikan kesehatannya melalui asupan nutrisi yang terpenuhi dengan baik. Menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga yang ringan adalah hal penting yang harus dipenuhi oleh lansia.

Hal yang biasa terjadi pada lansia adalah penurunan nafsu makan, agar lansia tidak mudah terserang berbagai penyakit, asupan nutrisi dan gizi harus terpenuhi. Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam pemenuhan nutrisi lansia adalah sumber karbohidrat dari beras merah, dan gandum (oatmeal). Kacang-kacangan, minyak kedelai dan minyak jagung merupakan sumber lemak sehat. Ada pun pemenuhan sumber protein dari ikan, tempe, tahu dan susu rendah lemak. Sayur-sayuran sperti bayam, kangkung, wortel, brokoli, labu kuning, labu siam, dan tomat adalah cakupan sayuran berwarna hijau atau jingga. Buah segar seperti alpukat, pepaya, pisang, jeruk, apel, semangka dan lain sebagainya. Konsumsi kalsium yang terdapat di keju, susu, ikan, sayuran dan kacang. Kalsium berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang di usia lanjut. Kebutuhan cairan juga harus dipenuhi dengan baik, agar tidak menyebabkan dehidrasi dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kendalikan porsi makan agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan, juga batasi konsumsi gula, garam dan lemak. Hindari makanan olahan menggunakan bahan pengawet, sebisa mungkin pilihlah makanan yang segar. Semuanya juga harus di imbangi dengan olahraga ringan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.