Pengajian Pensiunan Menuju Husnul Khatimah Rutin Digelar di STIE Surakarta

Sukoharjo, Beritaterbit.com – Sabtu, 5 Agustus 2023 Ketua Pengajian PMHK, HM Sutarno HF menyampaikan, bahwa pelaksanaan pengajian sebagai wadah silaturahmi bagi pensiunan Pemkot Solo untuk menyambung persaudaraan.

Pensiunan Menuju Husnul Khatimah (PMHK) menggelar silaturahmi dalam kemasan pengajian rutin dilaksanakan sebulan sekali, dilaksanakan di Kampus STIE Surakarta Jl Slamet Riyadi No 435-437 Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (5/8/2023).

Acara diawali dengan membaca Al Qur’an secara bersama dilanjutkan tausiyah Ustadz H Novel Windo, MM dari Semarang. Pada kesempatan tersebut disampaikan perihal hijrahnya Husein Ja’far Al-Hadar.

“Dalam Islam, hijrah itu doktrin yang sangat penting, dan maknanya begitu luas dan mendalam, mencakup seluruh aspek kehidupan kita,” ujar Ustadz Novel.

Inti dari hijrah, lanjutnya, sebagaimana dijelaskan dalam Surah At-Thalaq [65] ayat 1, yakni “bergerak” dari kegelapan menuju keterangbenderangan. Itu yang diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Nabi membawa umat manusia dari zhulumât (kegelapan) menuju nûr (cahaya), bukan hanya pada satu aspek saja, melainkan dalam segala aspek kehidupan umat manusia. Maka, hijrah seharusnya tidak hanya meliputi aspek hukum (fiqih) saja, tapi berbagai aspek keislaman lainnya.

Penulis: Gunadi Pramono

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.