Pemko Sawahlunto Panen Empat Penghargaan dari Pemprov Sumbar

Sawahlunto, beritaterbit.com – Bukti kinerja baik, Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto baru-baru ini berhasil ‘panen’ penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar)

Tidak tanggung-tanggung, Pemko Sawahlunto membawa pulang empat buah penghargaan sekaligus. Dikutip dari laman Facebook Humas Pemko Sawahlunto, Jum’at (24/03), penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota (Wako) Sawahlunto Deri Asta dalam kegiatan Musrenbang RKPD Provinsi Sumbar di Padang, Selasa (21/03/2023).

Empat buah penghargaan masing-masing yaitu: penghargaan sebagai Daerah dengan tingkat kemiskinan paling rendah se-Indonesia Tahun 2022, penghargaan sebagai daerah yang telah berhasil menurunkan prevalensi stunting Tahun 2022 sesuai target RPJMN 2020-2024, penghargaan atas pencapaian seluruh pelaksanaan Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender Tahun 2022 pada checkpoint bulan ketiga (B03), bulan kesembilan (B09) dan bulan kedua belas (B12) dengan predikat ‘Sangat Memuaskan’ dan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 yaitu sebagai Terbaik III.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharulah memuji dan mengapresiasi Pemko dan masyarakat Sawahlunto atas penghargaan beruntun yang didapatkan tersebut.

“Tentu bukan pekerjaan yang mudah bagi Pemko Sawahlunto sehingga mencapai keberhasilan-keberhasilan yang sekarang berbuah penghargaan ini. Artinya kita menilai Pemko Sawahlunto telah bekerja dengan baik untuk membangun kota dan melayani masyarakat, ini perlu kita apresiasi dan kita dukung agar keberhasilan itu terus dipertahankan bahkan bisa ditingkatkan lagi,” kata Gubernur Mahyeldi.

Menurut Gubernur Mahyeldi, prestasi-prestasi tersebut menunjukkan Pemko Sawahlunto dibawah pimpinan Wali Kota Deri Asta juga mampu menciptakan inovasi dan tidak putus asa dalam situasi keterbatasan.

“Kita mengetahui Sawahlunto juga masih dalam kondisi keterbatasan, baik karena situasi pandemi COVID-19 maupun terbatasnya APBD. Namun ternyata muncul inovasi dan sinergi yang membuat kendala keterbatasan itu tidak terlalu menghambat kinerja,” ujar Gubernur Mahyeldi menilai.

Menyambut empat buah penghargaan dari Pemprov Sumbar itu, Wako Deri Asta menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih.

“Penghargaan ini tentu atas ridho Allah SWT yang diraih dengan ikhtiar yakni kinerja dari seluruh jajaran di Pemko Sawahlunto dan semua pihak lain yang terlibat mendukung. Penghargaan ini adalah persembahan dari Pemko kepada seluruh masyarakat Sawahlunto,” kata Deri Asta.

Disebutkan Wako Deri, keberadaan penghargaan menjadi ‘cermin’ bahwa kinerja Pemko Sawahlunto selama ini dinilai baik dan benar oleh Pemerintah Tingkat Provinsi dan Nasional.

“Tujuan kinerja bukan untuk mengumpulkan juara atau penghargaan, melainkan sepenuhnya membangun kota dan melayani masyarakat. Namun ketika kinerja bisa berbuah penghargaan, kita syukuri dan pertahankan itu karena artinya hasil evaluasi kinerja kita berada pada hasil yang semakin baik,” kata Wali Kota Deri.

Deri Asta kemudian mengarahkan jajaran Pemko Sawahlunto supaya tidak lengah dan berpuas diri setelah memperoleh penghargaan itu.

“Jadi kerja kita tidak selesai karena telah mendapat penghargaan. Perlu diingat kerja membangun kota dan melayani masyarakat ini tidak ada liburnya, jadi mari kita kembali bekerja dengan lebih semangat dan lebih kompak serta lebih baik,” ajaknya.

Semantara itu, Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM menyebut Pemko tengah menyiapkan strategi untuk melakukan monitoring berkala dan menyeluruh pada Perangkat Daerah untuk memantau bagaimana upaya yang dilaksanakan dalam mempertahankan dan meningkatkan pencapaian-pencapaian kinerja yang telah diraih selama ini.

“Program-program yang telah berjalan selama ini dan terbukti berhasil mendorong pencapaian-pencapaian positif itu sekarang kita intensifkan. Kemudian kita juga merancang dan mengkaji agar ada inovasi-inovasi dalam mengatasi kendala/keterbatasan serta meningkatkan mutu kinerja,” kata Sekda Ambun Kadri.

Penulis: Maryati/Prokopim

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.