Menjelang Idul Fitri 1445 H, 22 KPM Desa Talang Gelompok Menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Anggaran Tahun 2024

Kepahiang, beritaterbit.com – Sebanyak 22 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Talang Gelompok Kecamatan Seberang Musi menerima bantuan langsung tunai (BLT DD) untuk tahun anggaran 2024, Selasa (02/04/2024) di kantor desa setempat. Penyaluran BLT DD tahap 1 ini akan disalurkan untuk tiga bulan pertama terhitung bulan Januari, Februari hingga Maret.

Dalam sambutannya Kepala Desa Talang Gelompok, Sapuan Ali menjelaskan bahwa tahun 2024 ini kembali dianggarkan untuk BLT DD namun penerima dari bantuan ini mengalami penurunan. Hal ini karena regulasi dan aturan yang mengatur kriteria penerima bantuan ini sudah jelas, sehingga jumlah KPM yang menerima mengalami penurunan.

“Hari ini akan kita salurkan BLT DD untuk tahap pertama, bantuan ini akan kita berikan tiga bulan terhitung Januari hingga Maret. Jika pada tahun sebelumnya penerima bantuan ini jumlah KPM cukup banyak, beda dengan tahun ini jumlah penerimanya mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan aturan yang mengatur kriteria penerima sudah jelas, jadi jangan beranggapan bahwa jumlah penerima bantuan ini kepala desa yang menentukan,” tegas Sapuan.

Lebih lanjut Kepala Desa Talang Gelompok berharap, dengan diterimanya bantuan langsung tunai ini oleh keluarga penerima dapat berguna dan bermanfaat, ditambah lagi saat ini umat muslim tengah mempersiapkan segala sesuatu menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H sehingga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban keluarga penerima.

“Harapan saya dengan adanya bantuan ini sedikit membantu para keluarga penerima manfaat, apalagi sebentar lagi kan menjelang lebaran, tidak menutup kemungkinan kebutuhan meningkat. Manfaatkanlah bantuan ini sebaik-baiknya,” tutup Kades Talang Gelompok.

Diketahui sebanyak 22 KPM BLT DD Desa Talang Gelompok hari ini menerima bantuan yang langsung diberikan secara tunai oleh Pemdes. Masing-masing KPM akan menerima Rp 300 ribu perbulannya sehingga setiap keluarga akan membawa pulang uang sejumlah Rp 900 ribu.  Hadir dalam kesempatan ini Babinsa, Bhabinkamtibmas, PLD, tokoh masyarakat, BPD, perangkat desa, serta masyarakat penerima bantuan.

Penulis: Agustin

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.