Memupuk Toleransi Dalam Beragama dan Berkeyakinan di Kalangan Anak

Solobaru, Beritaterbit.com – 13 Juli 2023 Yayasan Kakak mengadakan kegiatan launching film dengan judul “Kembaran” di Cineplex (Pakuwon Mall Solobaru). Film ini dibuat dan dikembangkan atas dukungan Search, dengan melibatkan kembanggula.id. Launching film ini melibatkan 160 orang berbagai lembaga, institusi, organisasi, media dan pemerintah.

Film Kembaran memberikan salah satu gambaran fakta dan temuan dari situasi toleransi yang terjadi pada anak-anak. Temuan dari dialog dan diskusi antar lintas agama yang dilakukan Yayasan KAKAK menggambarkan beberapa situasi karena agama dan keyakinan mereka mendapatkan bullying, dikucilkan, kurang diterima di pertemanan, tidak mendapatkan hak pendidikan di sekolah karena keterbatasan sarana dan prasarana anak.

Hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana tumbuh kembang dari anak-anak. Padahal konstitusi Indonesia yakni UUD 1945 jelas menegaskan akan jaminan kebebasan beragama yaitu dalam pasal 28 E ayat (1) Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadah menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali. Dengan kata lain, Pasal 28 E Ayat 1 UUD 1945 menjamin hak setiap warga negara Indonesia untuk memeluk agama dan melakukan Ibadah sesuai agamanya masing-masing.

Jaminan tersebut ditegaskan lagi dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dalam pasal 6 ‘Setiap anak berhak beribadah menurut agamanya, berpikir dan berekspresi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya dalam bimbingan orang
tua atau wali.

Film Kembaran didesain untuk memberikan gambaran yang terjadi pada anak dan diharapkan menjadi sebuah awal untuk bisa menjadi diskusi bersama dalam pemenuhan hak tersebut.

Launching film Kembaran ini ditargetkan untuk dikenalkan kepada organisasi/institusi lembaga yang memiliki komunitas anak atau memiliki forum-forum diskusi khususnya yang berkaitan dengan hak kebebasan beragama dan berkeyakinan, pendidikan atau yang memiliki isu berkaitan dengan anak.

Film ini ditargetkan bisa menjadi film untuk mengkampanyekan dan mengembangkan toleransi di kalangan anak-anak. Menguatkan rasa saling menghargai dan menghormati pada perbedaan yang memang nyata khususnya berkaitan dengan agama dan keyakinan.

Shoim Sahriyati, Direktur Yayasan KAKAK menyampaikan “Konflik yang berhubungan dengan agama dan keyakinan saat ini sering ditemui, karena itu menjadi penting mengenalkan anak pada beragam perbedaan sehingga mereka menghargai dan menghormati perbedaan tersebut”.

Ini menjadi tanggung jawab bersama dalam memberikan edukasi kepada anak. Film Kembaran dikembangkan untuk menjadi salah satu media belajar dan sebagai pemantik diskusi. Bagus untuk bisa diputar di kelompok anak sebagai diskusi diantara mereka atau di kalangan orang dewasa sehingga bisa memberikan pandangan dan merumuskan rekomendasi salah satunya kebijakan.

Senada dengan Yayasan KAKAK, Produser Film Pendek Kembaran Fanny Chotimah menuturkan, “Saya percaya jika film pendek merupakan media yang sangat efektif dalam mengampanyekan sebuah isu, melalui film Kembaran kami berharap film ini bisa menginspirasi anak-anak ataupun dewasa dalam mewujudkan toleransi beragama dalam masyarakat, film ini tentunya akan bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Penulis: Gunadi Pramono

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.