Bentuk Karakter Unggul, Peserta Putra-Putri Solo 2023 Jalani Karantina

Solo, Beritaterbit.com – Sebelum memasuki gelaran puncaknya, para peserta “Putra-Putri Solo 2023” mesti menjalan masa karantina terlebih dahulu. Selama masa itu, mereka digodok menjadi pribadi yang unggul. Tujuannya agar ajang ini nantinya benar-benar bisa melahirkan agen perubahan yang bakal membawa kotanya melompat semakin maju.

Masa karantina telah berlangsung sejak 28 Juli 2023 dan akan berakhir 14 Agustus 2023 nanti. Lokasi pelaksanaannya di berbagai tempat ikonik “Kota Bengawan” seperti Keraton Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, Solo Technopark, dan lain-lain. Pada masa karantina, para peserta sekaligus diberi pembekalan materi mengenai sejumlah isu penting yang kelak bakal mereka kampanyekan.

“Pembekalan dan karantina ini bertujuan untuk membentuk karakter dan kekompakan dari para finalis. Karena, ke depannya, kami ingin mereka tidak sekadar berkompetisi menjadi yang terbaik. Mereka adalah anak-anak muda representasi Kota Solo yang harus menjadi agent of change,” kata Project Leader Putra-Putri Solo 2023, Gray Putri Purnaningrum, di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (7/8/2023).

Keseriusan penyelenggara cukup kuat untuk melahirkan anak-anak muda agen perubahan lewat ajang ini. Kuatnya keinginan itu ditunjukkan dengan syarat pendaftaran yang harus menyertakan ide atau gagasan pergerakan perihal berbagai isu penting yang mereka kuasai. lde-ide itu terbagi ke dalam sejumlah tema seperti pendidikan, UMKM, lingkungan, pariwisata dan budaya.

Namun, ide-ide tak berhenti dipaparkan ketika pendaftaran. Para peserta diajak untuk membahas lagi gagasan mereka agar bisa diwujudkan menjadi gerakan nyata selama masa karantina. Upaya itu merupakan cara membuat ajang ini dapat memiliki dampak yang lebih nyata bagi masyarakat.

“Ini untuk menunjukkan ke segenap masyarakat. Putra-Putri Solo 2023 adalah anak-anak muda yang ‘wani cincing’ untuk mengajak muda-mudi Solo bergerak positif dan membanggakan Kota Solo melalui berbagai bidang, terutama pariwisata,” kata Gray Putri.

Penulis: Gunadi Pramono

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.