Mari Ciptakan Pola Perilaku Hidup Sehat Pada Lansia Dalam Mengkonsumsi Makanan Sehari-hari & Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur Untuk Menghindari Masalah Penyakit Kronis

beritaterbit.com – OLEH : NI WAYAN SANTIKA YANTI, Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Manado.

Kesehatan merupakan hal yang paling terpenting, khususnya pada tahap usia lanjut, pada tahap ini para lansia akan mengalami banyak perubahan fisik maupun mental. Untuk itu, agar tetap aktif diusia lanjut diharuskan para lansia mampu mempertahankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik atau olahraga secara teratur, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol.

Hidup sehat itu, seharusnya sudah dirancang jauh sebelum memasuki masa lanjut usia agar kelak bila sudah pensiun mereka mempunyai bayangan tentang aktifitas apa yang akan mereka lakukan sesuai dengan kemampuan dan minatnya masing-masing.

Dengan melakukan prinsip tersebut maka lanjut usia merupakan usia yang penuh kemandirian baik tingkah laku kehidupan sehari-hari, dan menjaga kesehatan baik secara fisik, mental, spiritual, ekonomi, social, sampai mereka bisa memilih masa tua yang lebih membahagiakan hingga terhindar dari berbagai masalah penyakit kronis.
Ketika mulai memasuki usia tua, berbagai penyakit akan mulai bermunculan seperti penyakit Diabetes, Demensia, Penyakit Paru Obstruktif Kronik, dan penyakit lainnya. Gaya hidup yang cenderung serba instan dapat mempengaruhi kesehatan khususnya di Kota Manado, ternyata masih banyak lansia yang belum menerapkan pola hidup sehat seperti masih merokok diusia tua, mengonsumsi alkohol secara berlebihan, tidak mampu menjaga pola makan yang baik, seringnya mengonsumsi makanan yang berlemak yang dapat menyebabkan gejala penyakit serius seperti kolestrol naik, para lansia di kota tersebut juga tampak jarang melakukan aktivitas fisik hingga tidak rutin memeriksakan kesehatannya di pelayanan kesehatan terdekat.

Makan makanan menjadi suatu kebutuhan yang paling terpenting bagi manusia, dengan makan manusia akan mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas dan memberi daya tahan tubuh dalam menghadapi berbagai penyakit. Namun, makan-makanan yang dikonsumsi secara berlebihan juga akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Prinsipnya, pola makan yang sehat harus memperhatikan beberapa faktor yaitu jumlah makan yang dimakan harus lengkap dan seimbang meliputi : semua zat gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air putih hingga rutin mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dan semuanya itu harus seimbang artinya tidak sedikit dan tidak berlebihan, lansia disarankan juga agar tetap aktif melakukan aktivitas fisik (seperti : jalan kaki, senam lansia, bersepeda dan olahraga lainnya yang cocok untuk lansia serta dilakukan setiap minggu 3 kali kurang lebih 30 menit), aktif secara fisik dapat memberikan manfaat meningkatkan daya tahan otot, menghambat penurunan kekuatan otot, menjaga kesehatan jantung, dan dapat mencegah kegemukan (obesitas), serta dapat mencegah penyakit kronis.

Hal-hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan untuk menjaga kesehatan diusia lanjut yaitu : pertama, tidak boleh bermalas-malasan, tanpa mengurangi tidur dan istirahat yang cukup. Kedua, sebaiknya tidak merokok, karena orang yang merokok sangat berisiko mudah terkena serangan berbagai penyakit, seperti mempercepat menderita serangan jantung, kanker paru-paru, TBC, dan tekanan darah tinggi. Yang terakhir adalah memeriksakan kesehatan secara teratur biarpun tidak sakit, dan cepat berobat bila sakit. Menerapkan pedoman menu 4 sehat 5 sempurna dalam kehidupan sehari-hari sangat memberikan keuntungan yang besar bagi diri kita sendiri, dengan pola menu yang seimbang mengandung semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan teratur dalam melakukan aktivitas fisik karena keduanya memiliki hubungan yang sangat erat dalam meciptakan pola perilaku hidup sehat. Oleh karena itu, mengapa kita harus menerapkan pola hidup sehat? alasannaya karena saat ini penyakit yang tidak menular justru cenderung meningkat salah satu faktornya karena pola hidup yang buruk.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.