Kebahagiaan Lansia Ditinjau Dari Dukungan Sosial Dan Orang Terdekat

beritaterbit.com – Juwita Noren Djue, Fakultas Keperawatan, Universitas Katolik De Lasalle Manado.

Masa dewasa akhir atau bisa di katakan juga lanjut usia merupakan periode perkembangan yang bermula pada usia 60 tahun yang akan berakhir dengan kematian. masa ini adalah masa penyesuaian atas berkurangnya kekuatan, kesehatan, menatap kembali kehidupan, masa pension dan penyesuaian diri dengan peran-peran sosial.

Adanya keterlibatan keluarga merupakan keadaan yang tetap dalam artian suatu kondisi keadaan yang dinamis dan dapat berubah dengan interaksi yang berbda-beda, adanya kedisiplinan dan saling melengkapi, sehingga akan mendapatkan kebutuhan khusus dari keluarga. dengan adanya suatu dukungan atau bantuan yang diberikan keluarga terhadap usia lanjut maka akan timbul rasa percaya diri yang tinggi dan motivasi untuk menghadapi masalah yang akan terjadi nanti.

Hal ini sangat di mungkinkan karena di lingkungan rumah lansia memperoleh dukungan atau support dari keluarganya. Secara psikologis, orang dengan lanjut usia akan merasa bahagia apabila mendapatkan dukungan sosial yang membuat para lansia merasa Nyaman,tentram dan damai dalam menjalani kehidupanya.

Memasuki usia lanjut, bukanlah hal yang mudah di terima oleh seseorang dengan perubahan, penurunan dan permasalahan yang terjadi. Setiap orang memiliki kebutuhan hidup. Orang dengan lanjut usia juga memiliki kebutuhan hidup yang sama agar dapat hidup dengan sejahtera. Kebutuhan hidup orang dengan lanjut usia antara lain kebutuhan akan makanan yang bergizi dan seimbang, pemeriksaan kesehatan secara rutin, perumahan yang sehat dan kondisi rumah yang tentram, aman. Dan adapun kebutuhan-kebutuhan sosial seperti bersosialisasi dengan semua orang dalam segala usia.

Tapi tidak dapat di punggukiri bahwa orang yang sudah lanjut usia akan lebih senang ketika mereka sedang bersama keluarga sehingga mereka mempunyai banyak teman yang bisa di ajak berkomunikasi, berbagi pengalaman, memberikan pengarahan untuk kehidupan yang baik. Adapun kebutuhan tersebut di perlukan oleh ornag dengan lanjut usia agar mereka bisa mandiri dan menyesuaikan diri.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.