Baru Sebulan Bersih,Kini Ruas Jalan Elak Kembali Dijadikan TPS Sejumlah Warga

Bireuen, beritaterbit.com – Tebaran sampah dalam bungkusan plastik yang sengaja dibuang warga berserakan dan sudah beraroma tak sedap di pinggiran ruas jalan elak dari Geudong-Geudong – Geulanggang Teungoh Kota Juang hingga Cot Bada serta Sagoe Peusangan, Kabupaten Bireuen sudah berselemak kembali Jumat 18 Desember 2020.

Menurut informasi dari Tgk Muhammad Faiz, Jumat, 18 Desember 2020 kepada media ini menyebut, beberapa waktu lalu kisaran sebulan lalu ruas jalan Cotbada Peusangan – Geulanggang Teungoh Bireuen bersih dan tidak ada pencemaran sampah sehingga pengendara kendaraan nyaman dengan aroma busuk dari sampah.

Diduga, ada warga yang tidak mau tahu dan tidak ada kepedulian terhadap kebersihan sehingga sengaja dibuang sampah yang sudah dibungkus dalam plastic dan dilempar di ruas jalan elak.

Akibat dari prilaku warga yang tidak bertanggungjawab dan membuang sampah di ruas jalan elak maka bau busuk sangat menyengat para pengguna jalan di areal jalan elak tersebut .

Sementara Abdi Safaren warga Geudong-Geudong mengecam warga yang membuang sampah berdekatan Plang larangan di sejumlah titik yang mengakibatkan jorok pandangan apalagi berserakan di pinggir jalan yang bersisian dengan areal persawahan di kawasan Desa Geulanggang Teungoh, Kota Juang yang telah dinobatkan sebagai Kota Santri.

Menurut Abdi, ada warga yang memang kebiasaan membuang sampah di sembarangan tempat padahal sangat jorok dan orang tersebut memang kurang peduli kepada lingkungan, sehingga sampah rumah tangga bukannya dibuang ke tong sampah tetapi di bawa dengan sepeda motor dan sengaja dibuang begitu saja di jalan atau ke dalam saluran irigasi setelah melihat tidak ada orang.

Terkait masalah tersebut, Abdi Safaren mengharapkan kepada siapa saja warga masyarakat untuk tidak membuang sampah pada ruas jalan elak demi kebersihan kita bersama agar terhindar dari wabah penyekit apalagi saat ini daerah kita sedang dilanda wabah covid 19.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bireuen, Drs Murdani kepada para wartawan juga mengharapkan warga yang kebiasaan membuang sampah sembarangan tidak melakukan lagi dan dengan penuh kesadaran buanglah sampah di tempat sampah yang sudah disediakan.

Diharapkan kepada masyarakat yang ingin sampahnya diangkut petugas segera lapor para mandor kebersihan nanti tim becak motor akan membuang sampah syaratnya hanya membayar retribusi bulanan.(Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.