BAN PAUD Melakukan Akreditasi Pada PAUD Tunas Bangsa Desa Karangrejo Tulungagung

Tulungagung, beritaterbit.com – Untuk menjamin mutu dan kelayakan satuan pendidikan anak usia dini, PAUD Tunas Bangsa Desa Karangrejo Tulungagung mengajukan akreditasi pada Badan Akreditasi Nasional (BAN), Kamis (11/05/2023).

Badan Akreditasi Nasional melakukan penilaian untuk mengetahui kelayakan pada PAUD Tunas Bangsa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan jaminan pendidikan yang berkualitas pada satuan pendidikan usia dini.

Sebelum melakukan akreditasi PAUD, terdapat syarat umum dan syarat khusus yang harus dipenuhi lebih dahulu oleh lembaga PAUD.

Syarat umum meliputi harus memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) dan telah mengisi Dapodik, mengajukan permohonan akreditasi pada BAN PAUD, memiliki izin penyelenggaraan/izin pendirian program yang diajukan akreditasinya dari Dinas Pendidikan Tulungagung, serta satuan pendidikan wajib mengajukan semua program yang diselenggarakan sesuai Dapodik.

Syarat khusus antara lain jumlah peserta didik minimal 10 anak dan memiliki satu pendidik atau kepala satuan yang memiliki sertifikat kompetensi dibidang PAUD yang ditunjukkan dengan sertifikat mengikuti diklat. Serta memiliki kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Ditempat yang sama Kepala Lembaga PAUD Sri Anik menuturkan, sebelum dilakukan akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional, PAUD Tunas Bangsa menyiapkan delapan dokumen standar akreditasi PAUD antara lain dari standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, standar pendidikan dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.

Sri Anik berharap, dengan menyiapkan standar dan persyaratan yang telah ditentukan oleh Badan Akreditasi Nasional maka PAUD Tunas Bangsa mendapatkan akreditasi yang baik.

Kepala Desa Karangrejo Dwi Agus Prasetyo S.Pd menambahkan, akreditasi wajib dilakukan oleh satuan PAUD karena pemerintah mewajibkan standar mutu dan kelayakan pendidikan agar menghasilkan pendidikan yang berkualitas.

Dengan akreditasi yang baik, Kades berharap para orang tua tidak ragu-ragu lagi menyekolahkan anaknya ke PAUD Tunas Bangsa karena jelas bermutu dan berkualitas.

Reporter: Agus

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.