APKLI Harus Naungi PKL

Berita Terbit, Bengkulu –  Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto mengatakan, dengan adanya Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) diharapkan dapat menaungi dan menjembatani  para pedagang kaki lima.

Ini dalam rangka kerjasama dengan mitra Perbankan, maupun dengan institusi pemerintah daerah. “Sehingga,  bagaimana program kedepan untuk meningkatkan, yang awalnya pedagang kaki lima menjadi pedangan tetap, dan ada tempat khusus bagi mereka itu, dapat diprogramkan kedepannya”, kata  Gotri Suyanto, saat pelantikan dan pengukuhan Pengurus DPW dan DPD APKLI Se – Provinsi Bengkulu, di Gedung Serba Guna Pemprov Bengkulu, Jumat (24/8/2018).

Jika pedang kaki lima memiliki lokasi yang tetap, kata Setda,  pedagang tentu akan lebih fokus untuk berjualan. Bukan mencari tempat. Disisi lain, pemerintah dapat fokus  memberikan bantuan, untuk akses permodalan atau kerjasama dengan perbankan dan sebagainya.

“Asosiasi inikan levelnya sudah nasional. Bukan lokal atau daerah. Pasti nanti ada kebijakan nasional yang bisa di kerjasamakan dengan pemerintah” terang Gotri Suyanto.

Dalam pelantikan dan pengukuhan DPW dan DPD APKLI Provinsi Bengkulu,  yang dikukuhkan oleh Ketua Umum DPP APKLI,  Ali Mahsun, juga dilakukan MOU antara APKLI  dan Pemerintah Daerah.

Ali Mahsun berharap, Pemerintah Provinsi Bengkulu, Kabupaten maupun Kota, dapat mendorong perekonomian masyarakat. Salah satunya,   dengan tidak menggusur pelaku ekonomi rakyat, kaki lima dan pasar tradisional. Disamping memberikan kepastian hukum serta lahan usaha bagi mereka.

“Pemerintah harus ada di garda terdepan,  untuk memberikan kebijakan yang berpihak kepada ekonomi rakyat, sesuai dengan pembukaan UUD 45,  bahwa negara wajib melindungi rakyatnya”,  jelas  Ali Mahsun. (gmp).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.