Jelang Ramadhan 1444 H, Dishub Sawahlunto Lakukan Perbaikan PJU

Sawahlunto, beritaterbit.com – Menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sawahlunto telah melakukan perbaikan terhadap Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada di Kota Sawahlunto.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Kadis Dishub) Kota Sawahlunto Nurwansyah saat menjawab pertanyaan salah satu rekan media pada acara Jumpa Pers bersama Walikota Deri Asta dan Wakil Walikota Zohirin Sayuti, Selasa sore (21/03) di Ruang Rapat Balai Kota setempat.

Nurwansyah katakan, pihaknya bersama Satlantas Polres Sawahlunto telah meninjau areal-areal yang rawan Laka di Kota Sawahlunto beberapa minggu yang lalu.

Nurwansyah katakan, Dinas Perhubungan Kota telah menerjunkan personel untuk mulai melakukan pengerjaan lampu jalan yang rusak.

“Kita telah membagi tim di empat kecamatan yang ada di Kota Sawahlunto. Untuk perbaikan kita utamakan jalan-jalan yang banyak dilalui masyarakat dan juga jalan menuju sarana ibadah. Saat ini baru sekitar 50 persen yang bisa kita lakukan perbaikan mengingat keterbatasan anggaran,” terang Nurwansyah.

Nurwansyah katakan, untuk mengejar target jelang Ramadhan, timnya bekerja sampai malam khusus untuk pemasangan lampu jalan.

Semantara untuk persiapan pengamanan Pasar Pebukoan di bulan Ramadhan, Nurwansyah katakan Tim Pengamanan akan difokuskan di Pasar Sawahlunto yang merupakan Pasar Pabukoan terbesar di Kota Sawahlunto.

“Kita bersama Dinas Perindagkop melakukan pengamanan di Pasar Pabukoan,” tandasnya.

Tatang Sumarna, Kepala Dinas Perindagkop Sawahlunto menyampaikan langkah-langkah antisipasi yang akan dilaksanakan oleh Pemko Sawahlunto untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pokok diantaranya memantau ketersediaan 12 bahan pokok selama 2 bulan terakhir, menentukan titik pusat Pasar Pabukoan, melakukan Operasi Pasar jika diperlukan, pengawasan keamanan makanan di Pasar Pabukoan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan serta sidak pasar guna menghindari penumpukan barang.

Sekdako Ambun Kadri juga menambahkan, Dinas Kesehatan melalui Petugas Puskesmas juga akan turun langsung melakukan pemeriksaan dan pemantauan di Pasar-Pasar Pabukoan.

“Seperti yang disampaikan Pak Kadis Koperindagkop tadi, bahwa Pasar Pabukoan dipusatkan di Sawahlunto dan Sapan. Namun di desa-desa ada Pasar Pabukoan yang dadakan. Ini nanti akan di bawah kontrol Puskesmas, akan diambil sampelnya dan diperiksa untuk menghindari adanya bahan-bahan berbahaya. Tesnya disediakan di Puskesmas-Puskesmas. Kemudian untuk Cross Checknya kita koordinasikan dengan Balai POM, yang sudah dikondisikan taggal 4-6. Puskesmas juga sudah membentuk Tim Terpadu dengan lintas sektornya,” tandasnya.

Dengan adanya upaya-upaya ini diharapkan Pasar Pebukoan yang ada di Kota Sawahlunto benar-benar menyediakan makanan yang aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.