Pekerjaan Pembangunan Drainase, Salah Satu Upaya Pemdes Barat Wetan Mencegah Stunting

Kepahiang, Beritaterbit.com – Pekerjaan pembangunan drainase atau saluran pembuangan air di Desa Barat Wetan Kecamatan Kabawetan saat ini tengah dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa. Pekerjaan itu sendiri saat ini sudah 60% pelaksanaan di lapangan berdasarkan hasil pemantauan awak media ini di lokasi pengerjaan pembuatan drainase Desa Barat Wetan pada Selasa (30/04/2024).

Ditemui dikediamannya, Kepala Desa Barat Wetan menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan fisik ditahun anggaran 2024 ini meliputi pekerjaan jalan rabat beton dan pembuatan drainase.

“Kalau fisik kita sudah berjalan dan tengah dikerjakan seperti yang kita lihat di lapangan tadi. Secara bersamaan ada dua pekerjaan fisik yakni jalan rabat beton dan drainase,” ungkap Bejo selaku Kepala Desa Barat Wetan.

Dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 57.700.000 ini, akan menyelesaikan pekerjaan drainase sepanjang 129.50 meter yang dikomando oleh TPK. Pekerjaan ini melibatkan masyarakat setempat, sehingga dengan adanya pekerjaan ini masyarakat yang ikut andil merasa terbantukan dari sisi pendapatan.

“Pekerjanya dari warga kita sendiri dengan sistem padat karya tunai. Kita persilahkan bagi masyarakat yang ingin bekerja dan ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan di desa ini,” disampaikan Bejo.

Harapan dengan adanya drainase ini nanti akan berdampak langsung pada masyarakat sekitar dan salah satu bentuk atau upaya pemerintah desa setempat dalam pencegahan stunting, serta tata ruang desa menjadi tertata rapi.

“Harapan kita dengan adanya pembangunan drainase ini, tidak ada lagi genangan air, lingkungan menjadi bersih dan ini adalah upaya kita dalam pencegahan stunting di desa ini,” pungkas Bejo.

Penulis: Agustin

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.