Kemarau, Sawah di Kampung Agusen Mengalami Kekeringan

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Di musim kemarau, sawah di Kampung Agusen, Dusun Uken mengalami kekeringan, sawah masyarakat pun pada saat ini kesulitan air untuk kebutuhan padi yang baru siap tanam.

Sudah dua bulan bercocok tanam, padi tersebut belum pernah dijatuhi hujan. Jika kemarau ini berkepanjangan, maka padi masyarakat bisa mengalami gagal panen di tahun ini, Sabtu, 6 maret 2021.

“Dampak kemarau di bulan-bulan ini tanah sawah pun sudah mulai beretakan, dan tanaman padi pun sudah mulai berwarna kuning sebagian sudah mati pun,” kata masyarakat Kampung Agusen, Dusun Uken.

Ada pun hulu untuk parit sawah Dusun Uken dari wisata alam Berawarang Pungkeh, namun sekarang hulu tersebut sudah jauh ke bawah akibat sugai besar itu sering mengalami kebanjiran di musim hujan. Akibat hulunya sudah lama rusak, sawah di Kampung Agusen, Dusun Uken sudah puluhan tahun tidak ada lagi parit yang digenangi air sawah masyarakat.

Namun saat ini kebutuhan airnya berasal dari anak Sungai Kala Rikit, namun di musim kemarau anak Sungai Kala Rikit pun kering dan tidak ada lagi air masuk ke persawahan masyarakat.

Oleh sebab itu masyarakat Kampung Agusen, Dusun Uken biasanya menanam padi setahun sekali, itu pun di musim hujan. Sementara penanaman padi baru dua kali dalam setahun ini akibat wabah Covid-19, dimana pananaman padi tersebut untuk menjaga ketahanan pangan dari dampak virus corona ini.

Sawah di Dusun Uken lebih luas dari pada sawah di Dusun Serap, namun sawah di Dusun Serap sudah ada bantuan alat pertanian berupa mesin penyedot air dari Dinas Pertanian sehingga sawah di Dusun Serap Kampung Agusen tidak mengalami kekeringan di musim kemarau ini.

Jadi harapan masyarakat Dusun Uken Kampung Agusen yang mayoritas petani sawah mengaharapkan bantuan mesin pompa air dari pemerintah daerah Kabupaten Gayo Lues melalui dinas terkait, untuk mengatasi kekeringan sawah seluas ratusan hektar di Dusun Uken Kampung Agusen Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues.

Masyarakat Kampung Agusen, Dusun Uken juga meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait agar dapat membanggun hulu parit persawahaan di Kampung Agusen, sehingga mereka dapat menanam padi seperti yang diinginkan. (jd)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.