Kurangnya Pelayanan di Puskesmas Pining, Warga Kampung Pertik Meninggal Dunia Saat Dirujuk ke RSUD MAK Gayo

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Kurangnya pelayanan di Puskesmas Pining, warga Kampung Pertik meninggal dunia di perjalanan saat hendak dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah M. Ali Kasim (RSUD MAK) Kabupaten Gayo Lues, Selasa (27/2/2024).

Pengulu Kampung Pertik mengatakan kepada awak media online Beritaterbit.com, warganya yang meninggal dunia bernama Timah Inen Rabumah (58) meninggal dunia dalam perjalanan dirujuk berobat ke RSUD MAK menggunakan mobil Grandmax bak terbuka milik warga Pintu Rime bernama Muhammad Gunung, sebutnya.

Kejadian ini membuat miris dan sakit hati warga, keluarga dan beserta menantunya bernama Alim sambil menceritakan kronologis kejadian bahwa mertua sudah tiga hari sakit di rumah kemudian tadi pagi dibawa ke Puskesmas Pining menggunakan becak.

“Setelah beberapa jam ditangani di puskesmas, sekira jam 5.00 Wib petugas memutuskan merujuk ke RSUD MAK Kabupaten Gayo bersama 1 pasien lainnya dari Kampung Pining. Namun di puskesmas tidak ada ambulance sehingga keluarga diminta mencari mobil untuk diberangkatkan,” tutur Alim.

Kemudian pada jam 6.00 Wib berangkat dari Pining sesampainya di Genting, ibunda kami meninggal dunia. Pengulu Kampung Pertik melalui berita ini memohon keadilan untuk masyarakat Pining dan berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali dimasa-masa yang akan datang.

“Dan Puskesmas Pining tidak mempunyai dokter, kalaupun pasien berobat hanya ditangani para perawat,” sebutnya.

Oleh sebab itu Pengulu Kampung Pining beserta masyarakat lainnya memohon kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues agar menyiapkan petugas perawatan yang lebih layak di Kecamatan Pining.

“Baik itu di bidang dokternya, perawatnya dan ambulance, sehingga penanganan kesehatan masyarakat Pining sebagaimana mestinya yang dirasakan masyarakat kecamatan lainnya ada di Kabupaten Gayo Lues ini,” tutupnya.

Penulis: Junaidi

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.