Puluhan Personil Gabungan Sukseskan Apel Siaga Bencana Lahat

Www.beritaterbit.com, Lahat – Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam Pemerintah Kabupaten Lahat mengadakan Apel Simulasi Tanggap Darurat Bencana Alam dan Bencana Sosial, yang di gelar di Halaman Pemkab Lahat, Selasa (2/2/21).

Turut hadir pada Apel Simulasi, Dandim 0405 Lahat, Kepala Kejaksaan Negeri Lahat, Ketua Pengadilan Negeri, Kapolres Lahat yang diwakili, Pj. Sekda Lahat Drs.H.Deswan Irsyad.M.Pdi, Assisten dan jajaran OPD terkait.

Peserta Apel Simulasi sendiri terdiri dari Tagana, BPBD, Pol PP dan Damkar, Dinas Kesehatan, sementara pelaksana kegiatan dari Dinas Sosial Kabupaten Lahat.

Plt. Kepala Dinas Sosial, Endang melaporkan, kegiatan simulasi tanggap darurat bencana alam dan bencana sosial yang dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah Dinas Sosial Kabupaten Lahat ini adalah suatu bentuk kesiap siagaan bencana serta deteksi dini dalam penanggulangan bencana.

“Ini bentuk deteksi dini baik itu bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, angin puting beliung dan juga bencana sosial lainnya, seperti kebakaran, merebahnya virus covid-19 dari faktor kemiskinan juga termasuk bencana sosial lainnya,” Jelasnya.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang.SH dalam arahannya mengapresiasi kepada Dinas Sosial, BPBD, Pol PP dan Damkar serta Tagana yang telah berperan aktif dan siaga dalam menanggani penanggulangan bencana di Kabupaten Lahat.

“Dalam kegiatan simulasi ini sudah siap bila terjadi bencana ada dapur umum, ada peralatan yang lengkap dari BPBD, dari Tagana, Pol PP dan Damkar serta tenaga Kesehatan dan juga dibantu oleh TNI, POLRI yang selalu siap dalam menanggani penanggulanagan bencana di Kabupaten Lahat, apalagi saat ini musim hujan dan rawan longsor,” kata Cik Ujang. (Ltr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.