Proses Adaptasi Lansia yang Kehilangan Pasangan Hidupnya

beritaterbit.com – Erika Natalia Sadinda, Mahasiswi Fakultas Keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado.

Kehilangan salah satu pasangan hidup pada lansia membuat mereka merasa kesepian dan sedih, bahkan tidak jarang lansia mengalami sakit, stres dan depresi terhadap keadaan yang mereka rasakan dalam kehidupannya. Depresi merupakan suatu gangguan suasana hati dimana lansia merasa tidak bahagia,kehilangan semangat, merasa tidak berdaya, tidak mampu dan bosan.

Depresi atau stres yang dirasakan lansia juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Pada kesehatan fisik masa berduka ini dapat merusak kekebalan tubuh seperti sakit kepala, pusing, gangguan pencernaan serta sakit di dada karena ketidakmampuan menahan kesedihan. Lansia yang mengalami depresi membawa dampak yang buruk bagi diri mereka, tidak hanya mengalami kesedihan akan tetapi cenderung melakukan tindakan bunuh diri karena mereka merasakan ketidakberdayaan maupun ketidkmampuan untuk hidup setelah pasangan mereka meninggal akan tetapi tidak semua lansia berpotensi melakukan hal itu.

Kematian merupakan akhir kehidupan bagi setiap manusia, kematian tidak hanya mempengaruhi orang yang mati namum orang yang ditinggalkannya juga. Lansia yang mengalami kenyataan bahwa pasangan mereka telah meninggal, ia harus melanjutkan hidupnya tanpa pasangannya lagi hal yang biasa dilakukan berdua kini hanya bisa dilakukan sendiri atau dibantu/di dampingi oleh keluarga, itu sebabnya topangan dan dukungan dari keluarga ataupun orang-orang terdekat sangatlah penting bagi lansia untuk dapat menghibur lansia agar tidak merasakan kesepian dalam sisa-sisa hidupnya.

Dalam proses kehidupan beberapa orang memilih untuk menikah lagi setelah kehilangan pasangan hidup, akan tetapi pada lansia lebih banyak memilih untuk menduda atau menjanda di sisa hidup mereka, dengan mereka melakukan kegiatan sosial, mendekatkan diri pada Tuhan, dan menjalani relasi sosial mereka akan merasakan lebih baik.

Demikian artikel ini saya buat kiranya dapat bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.