Pemilihan Sangadi, Kecamatan Poigar Gelar Deklarasi Damai

Bolmong, beritaterbit.com – Pemerintah Kecamatan Poigar, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar kegiatan Deklarasi Damai bagi seluruh calon sangadi di wilayahnya.

Kegiatan tersebut ikut dihadiri Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Bolmong, Zulfadhli Binol, SE, ME pada saat agendanya melaksanakan Apel Linmas di Kecamatan Poigar.

Camat Poigar, Alfina Sumenda, S.IP, MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan Deklarasi Damai ini dilaksanakan Pemerintah Kecamatan bekerjasama dengan TNI- POLRI sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam hubungan kemitraan untuk menciptakan keamanan bagi seluruh masyarakat.

“Ada 12 desa di Kecamatan Poigar yang melaksanakan Pemilihan Sangadi yang terdiri dari 43 calon sangadi, saya meminta apa saja yang menjadi Ikrar bersama dalam Deklarasi Damai ini bukan hanya sekedar diucapkan tetapi dapat dipertanggungjawabkan dalam tindakan dan perbuatan. Sehingga jika ini diterapkan dengan hati nurani yang tulus maka dipastikan keamanan dan ketertiban terjaga,” ujar istri tercinta dari Valentino Toloh ini.

Ditambahkannya pula, “Perangkat Desa dan Panitia Pemilihan Sangadi bekerjalah sesuai dengan aturan Perundang-Undangan yang berlaku. Netralitas para Perangkat Desa sangat diutamakan serta bijaklah dalam menggunakan media sosial sehingga jangan karena jari, maka kekacauan terjadi. Bekerja sama dengan Babhinsa dan Bhabinkamtibmas serta selalu berusaha sedapat mungkin mengatasi hal-hal yang diduga memperkeruh keadaan sehingga situasi keamanan dan ketertiban tetap kondusif,” tegas Alfina.

Di tempat yang sama, Kapolsek Poigar Iptu Tezza Aditya Arbie mengimbau kepada masyarakat dan para calon sangadi agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial (Medsos) serta jangan menyebarkan berita hoax atau bohong dan ujaran kebencian.

“Tanamkan sikap santun dan damai terhadap sesama serta mampu membendung pergerakan massa sehingga tidak melakukan tindakan yang kontra produktif,” ajaknya.

Ditambahkan oleh Danramil 1303/10 Poigar, Iptu Sulaiman, “Diharapkan kepada para calon sangadi agar bisa membuat para pendukungnya untuk tenang dan tidak membuat keributan selama pelaksanaan Pilsang biar pemilihan Pilsang ini berjalan aman dan damai,” harapnya.

Dilanjutkan dengan Pembacaan Ikrar Damai secara serentak dan Penandatanganan Naskah Deklarasi Damai dalam bentuk baliho oleh masing-masing calon.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekcam Poigar Lahmudin Sinadia, S.Pd, Para Calon Sangadi di Kecamatan Poigar sebanyak 43 orang, Ketua Panitia Pemilihan Sangadi, Sangadi/Plh Sangadi serta Linmas dari dua belas desa yang ada. (Tim)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.