Pelatihan Budidaya Cabe Dalam Rangka Inovasi Pertanian Pedesaan Desa Sukau Kayo

Lebong, Beritaterbit.comBertempat di Balai Desa, Pemerintah Desa Sukau Kayo Kecamatan Lebong Atas Kabupaten Lebong melaksanakan pelatihan kegiatan ketahanan pangan melalui pelatihan penanaman cabe. Adapun serapan anggaran diserap dari 20% anggaran DD Tahun Anggaran 2024.

Nampak hadir dalam kesempatan ini, Kepala Kecamatan Lebong Atas Enggus Subarman S.Pd., M.Pd, Tim PPL Dinas Pertanian Lebong Jemi, pendamping desa, pendamping lokal desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, Kepala Desa Reky Ansa beserta jajaran perangkat desa, dan para kelompok tani Desa Sukau Kayo.

Dalam kesempatan ini Camat Lebong Atas Enggus Subarman S.Pd., M.Pd menyampaikan, “Optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dengan komoditas utama berupa cabai keriting dan cabai rawit merupakan salah satu implementasi dari pemberdayaan kelompok dalam program ketahanan pangan yang mana telah dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Desa,” ungkap Camat Lebong Atas.

“Selain untuk pemanfaatan lahan, dan juga mengingat wilayah Desa Sukau Kayo ini secara geografis memang tepat untuk penanaman cabe,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh Reky Ansa Kepala Desa Sukau Kayo bahwa program ini wujud dari kesiapan dan dalam rangka mendorong pengetahuan warga desa terkhusus Desa Sukau Kayo dengan tujuan agar nanti ke depan setelah realisasi penanaman cabe itu sendiri dapat mendapatkan hasil yang baik serta optimal guna menunjang perekonomian.

Ditambahkan oleh Kepala Desa, ada enam kelompok tani dalam pelatihan hari ini dan nantinya sesegera mungkin akan dilaksanakan realisasi penanaman cabe, maka dari itu kesiapan itu sendiri yang mesti betul-betul kita persiapkan semenjak dari sekarang.

“Dengan harapan nantinya mendapatkan hasil yang baik dan tentunya dapat membantu perekonomian warga Desa Sukau Kayo itu sendiri,” tutup Reky Ansa.

Penulis: Halian Sahri

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.