Musrenbang Kampung Pertik Tahun Anggaran 2023

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Kampung Pertik Kecamatan Pining melaksanakan Musrenbang TA 2023 di Balai Desa Kampung Pertik pada hari Jumat tanggal 25 November 2022 yg dihadiri:
1. Camat Pining dan Kasie PMD
2. Kapolsek Pining diwakili oleh Bhabinkantibmas Kampung Pertik
3. Danramil Pining diwakili Babinsa Kampung Pertik
4. Kepala Puskesmas diwakili KTU dan Petugas Gizi dan Lingkungan
5. Koordinator BPP Pining
6. Mukim Pining

Dan unsur masyarakat Kampung Pertik terdiri dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, ketua pemuda/kepala seberu/kepala sebujang, pengurus BUMK, pengurus wirid yasin, kader desa, orang tua balita stunting dan semua perangkat desa dengan jumlah undangan 76 orang namun yg hadir 65 orang, Sabtu (26/11/2022).

Pendampingan Desa Aminsyah ST dalam sambutan menjelaskan 9 prioritas penggunaan dana desa 2023.

Camat Pining dalam sambutannya menekankan perlunya proses transparansi dan mengakomodir kebutuhan masyarakat melalui musyawarah mufakat dalam mengelola dana desa dengan mengikuti aturan dan regulasi yang sudah ada, sehingga tidak menimbulkan permasalahan dan gejolak pada saat pelaksanaan program pembangunan desa dan salah satu bentuk transparansi tersebut adalah pelaksanaan Musrenbang dengan mengundang Perwakilan Masyarakat seperti yg dilaksanakan hari ini.

Camat juga menyampaikan bahwa di Kampung Pertik adalah Musrenbang perdana di Kecamatan Pining untuk tahun anggaran 2023

Pengulu Kampung Pertik, Zainal Abidin dalam pemaparannya menjelaskan, bahwa program 2022 sudah 97 persen dilaksanakan sambil menjelaskan semua kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan dengan transparan dihadapan peserta.

Selanjutnya menyampaikan program yang akan dilaksanakan pada tahun selanjutnya sesuai dengan yang sudah disepakati dlm RPJM Kampung Pertik 2022-2027 sambil meminta masukan dan saran dari peserta yang hadir.

Kampung Pertik selain menjalankan program prioritas akan fokus pada penanganan stunting melalui:
1. Penanganan jangka pendek: penguatan posyandu, dapur sehat dan program makan tambahan bagi balita dan ibu hamil.
2. Jangka menengah: pemanfaatan pekarangan untuk pemenuhan gizi keluarga dan penyuluhan.
3. Jangka panjang: mengupayakan kesejahteraan masyarakat mengembangkan usaha pertanian seiring dengan sudah lancarnya akses pemasaran Jalan Pining-Lokop.

Dalam kesempatan ini juga, Pengulu meminta dukungan, doa dan kritik saran dalam menjalankan roda pemerintahan. “Pengulu siap menerima kritikan dan saran yang sifatnya membangun,” tutup Pengulu Kampung Pertik. (Jd)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.