Marhaen Djumadi: Dunia Pendidikan PAUD Membentuk Karakter Awal Bagi Anak

Nganjuk, Beritaterbit.com – Plt Bupati melaksanakan pembinaan kepada guru paud Pusat Gugus (PG) PAUD Kecamatan Nganjuk di Kelurahan Kramat Nganjuk, Senin (28/9/2022).

Dalam sambutanya, Marhaen Djumadi menyampaikan tentang pentingnya p bagi pendidikan di lingkungan PAUD. Sebagai parenting awal masuknya dunia pendidikan, parenting PAUD berguna untuk membentuk karakter bagi anak.

Diusia dini anak berada dalam golden age. Maka harus dengan pola asuh yang baik. Jangan sampai anak mendengar bahasa-bahasa kurang baik, yang bisa menjadikan anak menjadi kurang percaya diri,” ucapnya.

Selanjutnya, Marhaen Djumadi menyebut pola asuh anak usia dini harus mengedepankan penyekatan yang santun dan menyenangkan. Sehingga anak akan merasa tenang dan mau menerima apa yang menjadi arahan dari guru maupun orang tua.

“Jangan samakan pola pikir orang tua sama dengan anak. Usia dini adalah dunianya mereka untuk bermain. Maka kita orang tua harus mengerti itu,” jelas Kang Marhaen sembari mencontohkan bermain dan belajar dapat dilakukan dengan mengenalkan huruf sambil bernyanyi. Sehingga belajar menjadi menyenangkan juga suasana riang.

Lebih lanjut, Marhaen Djumadi mengimbau kepada para Guru PAUD agar terus memberikan bimbingan dan pelajaran yang positif. Dengan selalu menjalin sinergi bersama orang tua dan juga anak.

“Penting bagi para orang tua dan guru untuk mengenali kecerdasan anak. Jangan sampai membanding-bandingkan anak, karena kecerdasan anak adalah kecerdasan majemuk. Mereka memilki kecerdasan dibidangnya masing-masing,” tuturnya.

Marhaen Djumadi mengajak para guru PAUD untuk menjadi guru dan orang tua yang menyenangkan. Sehingga anak mampu berkembang tumbuh baik, dengan tumbuh secara inovatif dan aktif.

Turut serta dalam acara tersebut yakni Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk beserta jajaranya, Camat Nganjuk, Forkopimcam Nganjuk, Lurah se Kecamatan Nganjuk, serta Guru PAUD se Kecamatan Nganjuk.

Kegiatan tersebut juga ada pameran bazar PG PAUD SE Kecamatan Nganjuk yang menampilkan beberapa hasil kreasi dari anak-anak usia dini dan guru PAUD selama melaksanakan kewajibannya.

Reporter: Gendro

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.