Grand Opening PT. Indoraya Sejahtera Group ISG Bergerak Di Bidang Pengolahan Tembakau

Nganjuk, Beritaterbit.com – Grand Opening pabrik pengolahan tembakau yaitu PT. Indoraya Sejahtera Group (ISG) yang berada di Desa Tanjungkalang, Kecamatan Ngronggot, Kamis (18/04/2024).

Grand Opening yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan menekan tombol layar PT. ISG oleh Pj. Bupati Nganjuk bersama jajaran Forkopimda Nganjuk, Camat Ngronggot dan Direktur PT. Indoraya Sejahtera Group. Selanjutnya, Pj. Bupati Nganjuk bersama Direktur PT Indoraya Sejahtera Group Hendrick beserta rombongan meninjau sarana dan prasarana yang ada pada pabrik rokok tersebut seperti halnya alat produksi rokok , juga alat pengolahan tembakau serta keamanan dan kenyamanan pekerja nantinya.

Pj. Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna mengatakan, ini merupakan potensi luar biasa yang harus dijaga dan dikawal. Karena keberlangsungannya dapat membawa dampak positif pada pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Nganjuk.

Kata Sri Handoko diperlukan 4 K yakni komunikasi, koordinasi, kolaborasi dan komitmen agar keberadaan PT. ISG ini bisa membantu memajukan perekonomian masyarakat di Kabupaten Nganjuk khususnya di wilayah Ngronggot dan secara umum Kabupaten nganjuk.

“Yang mana artinya setiap ada kendala yang terjadi di PT. ISG tersebut bisa dikomunikasikan atau diselesaikan dengan baik. Harapannya, hubungan yang sudah terbangun ini membawa kebaikan dan kemajuan Nganjuk,” jelas Sri Handoko.

Direktur PT. Indoraya Sejahtera Hendrick. (Foto: Gendro)

Masih kata Sri Handoko berharap, ke depan produk pabrik rokok ini bisa lebih berkembang dan juga melaksanakan eksport seperti perusahaan lainnya hingga ke luar negeri.

“Karena kami menangkap semangat dan aura positifnya. Semoga ini menjadi momen yang bagus dan menjadi tonggak kemajuan perekonomian rakyat di Kabupaten Nganjuk,” pungkasnya.

Direktur PT. ISG Hendrick pada sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan atas berdirinya perusahaan PT ISG ini.

“Kami berharap doa dan dukungan Pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar ini dapat menopang perkembangan perusahaan kami. Sehingga bisa menumbuhkan perekonomian dan membuka lapangan kerja baru di Kabupaten Nganjuk,” jelasnya.

Sementara itu Manager Operasional Yosep didampingi Asisten Direktur PT. Indoraya Sejahtera Aldo mengatakan, dalam jangka pendek kita awali dengan pelinting untuk kapasitas karyawan 550 tenaga kerja, untuk mensupport itu tenaga laki laki kurang lebih 50 orang.

“Dan kita berharap semoga ke depannya rokok yang kita hasilkan cukup bisa berkembang dan penyerapan tenaga kerja secara bertahap bisa meningkat mulai dari 550 sampai ke 1000 pekerja,” ucap yosep.

Yosep (kiri) Manager Operasional PT. Indoraya Sejahtera Group didampingi Asisten Direktur PT. Indoraya Sejahtera Aldo. (Foto: Gendro)

Terkait masalah tenaga kerja Yosep mengatakan, “Kami berharap sangat untuk tenaga kerja bersumber dari masyarakat sini (Desa Tanjungkalang-red).

Untuk target produksi PT. indoraya sejahtera Group (ISG) mempunyai target semaksimal agar kebutuhan di lapangan terpenuhi.

“Karena kita benar-benar pabrik baru, kita melalui training dulu tiga bulan pertama secara bertahap dari 550 pekerja kita bertahap bertambah hingga kebutuhan di lapangan tercukupi. Untuk produksi awal satu bulannya kita ambil satu juta batang, bulan berikutnya lagi bertambah,” bebernya pada awak media.

Halnya untuk penguasaan pasar atau peredaran produksi sendiri PT. Indoraya Sejahtera Group masih di dalam negeri untuk pulau Jawa serta pengambilan bahan baku sendiri 99% dalam negeri.

“Penjualan sendiri kita di awal ini pasar domestik serta nasional, sebelum masuk pasar nasional kita target pasar Jawa dulu dari Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur,” paparnya.

Adapun PT ISG yang selama pembangunan awalnya selama satu tahun delapan bulan itu, merupakan perusahan yang bergerak di bidang industri pengelolaan tembakau, yang memiliki visi dan misi menjadi perusahaan yang mampu berdaya saing secara trans nasional yang mengedepankan kualitas produk dan dapat menjadi berkat dan kesejahteraan untuk masyarakat sekitar.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.