Lahirnya Asidewi Mendorong Desa Wisata Dalam Membantu Pemerintah Tingkatkan PAD

Bengkulu, beritaterbit.com – Ketua umum Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Provinsi Bengkulu, Suimi Fales SH.MH mengatakan, desa wisata dianggap menjadi salah satu agenda pembangunan yang harus dipromosikan hingga ke tingkat nasional bahkan internaisonal, karena ini cukup efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Pedesaan mutlak menjadi penggerak perekonomian, untuk itu ASIDEWI Provinsi Bengkulu lahir dan akan membantu menggerakan ekonomi di Bengkulu melalui bidang pariwisata di seluruh desa,” kata Suimi Fales, Rabu (27/7).

Pria yang akrab disapa Wan Sui ini menambahkan, akan ada banyak desa wisata baru di Provinsi Bengkulu untuk membantu menggerakan ekonomi di masyarakat khusunya di perdesaan.

“Kami dari Asosiasi Wisata Desa Indonesia (Asidewi) berharap masyarakat lokal berperan penting dalam pengembangan desa wisata karena sumberdaya, keunikan tradisi dan budaya yang melekat pada komunitas tersebut merupakan unsur penggerak utama kegiatan di desa wisata,” jelasnya.

Selama ini kita melihat komunitas lokal yang tumbuh dan hidup berdampingan dengan suatu objek wisata menjadi bagian dari sistem ekologi yang berhubungan. Namun, pada kenyataannya sering terjadi pengabaian partisipasi masyarakat hanya menjadi objek (penonton) dalam pembangunan saja.

“Jadi objek wisata itu juga bisa membantu pemerintah untuk meningkatkan PAD seperti di daerah lain,” tutupnya. (R/adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.