Kadis PMD Provinsi Bengkulu Bangga Atas Pelaksanaan Kegiatan Produksi Produk Unggulan Desa Air Merah

Mukomuko, beritaterbit.com – Kadis PMD Provinsi Bengkulu, Siswanto, S.Sos., M.Si., mengapresiasi kegiatan Produksi Produk Unggulan Desa yang berupa Kue Kering pusako Malin Deman atau Jodak Kehas, yang diadakan di Gedung Aula Serba Guna Desa Air Merah, Kecamatan Malin Deman. Kegiatan ini diorganisir oleh kelompok UMKM Merah Berjaya yang terdiri dari perempuan-perempuan Desa Air Merah.

Jodak Kehas merupakan kue kering khas daerah Malin Deman yang telah diproduksi secara turun-menurun oleh masyarakat setempat. Kue ini biasanya dibuat untuk acara pernikahan, kegiatan adat-istiadat desa, dan perayaan-perayaan lain. Bahan utama kue ini adalah tepung yang diracik dengan bahan-bahan lain secara khusus.

Kegiatan ini merupakan bagian dari RPJMDesa dan RKPDesa Air Merah yang menjadi prioritas desa dalam mewujudkan Desa Air Merah yang dapat diperhitungkan di sektor ekonomi industri kreatif.

Perlombaan produksi Jodak Kehas diikuti oleh seluruh anggota UMKM Merah Berjaya yang dibagi menjadi tiga kelompok/regu. Mereka diminta untuk memproduksi Jodak Kehas dengan berbagai varian rasa yang akan dinilai oleh tim ahli/juri yang disediakan panitia.

Acara ini dihadiri oleh Pendamping Desa Cerdas, Kader Desa Cerdas, Ketua Adat, Ketua BPD, Pegawai Syara, Ketua PKK, Sekretaris Desa, Tokoh Masyarakat dan Camat Malin Deman. Mereka semua turut serta dalam kegiatan perlombaan produksi Jodak Kehas.

Kepala Desa Air Merah, dalam sambutannya, mengatakan bahwa kegiatan UMKM dan Produk Unggulan Desa akan terus diberdayakan hingga UMKM di desa tersebut dapat mandiri. Pemerintah desa juga berencana membantu pengurusan izin sertifikasi halal dan izin produksi rumah tangga (P-IRT) sehingga produk kue kering Jodak Kehas dapat dipasarkan ke seluruh Indonesia.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.