Jalur LHT-PGA Longsor, CU Pastikan Lalin Segera Normal

Lahat, beritaterbit.com – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Lahat, Jumat (12/2/21) malam hingga Sabtu (13/2) pagi, membuat Jalan Lintas Kabupaten Lahat–Kota Pagaralam, persisnya antara Desa Karang Dalam dan Desa Lubuk Sepang, Kecamatan Pulau Pinang longsor. Bahkan, kendaraan diminta untuk melewati jalan alternatif Gumay Ulu.

Bupati Lahat Cik Ujang melalui kepala PUBM Lahat Mirza di lokasi kejadian menjelaskan, pihak berwenang dalam hal ini balai besar jalan dan jembatan sudah berada dilokasi dan siap membuka jalan yang terputus agar lalulintas kembali lancar, “Statusnya jalan negara ya, balai besar sudah kordinasi sama kita secepatnya dibuka agar lancar (lalulintas),” terang Mirza.

Camat Pulau Pinang, Erlambang SE MM saat dikonfirmasi membenarkan atas terjadinya longsor di wilayahnya. Erlambang mengungkapkan, jalan longsor sepanjang sekitar 15 meter dengan kedalaman sekitar tiga meter itu diakibatkan oleh faktor alam, terlebih hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lahat.

“Ya, karena faktor alam,” kata Erlambang saat dikonfirmasi di lokasi kejadian, Sabtu (13/2).

Kejadian tersebut membuat jalan penghubung Kabupaten Lahat–Kota Pagaralam itu tidak dapat dilewati, mengingat longsor hampir menghabiskan seluruh badan jalan.

“Kalau mobil besar tidak bisa lewat, mobil kecil bisa dengan menerapkan buka tutup, tapi kami himbau agar pengendara menggunakan jalan alternatif Gumay Ulu, karena kondisi tanah dan jalan longsor ini masih bergerak, dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan,” imbaunya. (Ltr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.