Jalan Lesten Susah Dilalui, Masyarakat yang Sakit Harus Ditandu ke Puskesmas Terdekat

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Akibat jalan yang rusak parah warga Kampung Lesten Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh, terpaksa menandu orang sakit hingga puluhan kilometer untuk menuju ke rumah sakit.

M. Nasir salah satu masyarakat Kampung Lesten mengatakan, sulitnya jalan yang dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat menuju Kampung Lesten membuat kami harus menandu masyarakat kami yang lagi sakit untuk dibawa berobat ke puskesmas terdekat dari Kampung Lesten, Rabu (06/09/2023).

“Puskesmas yang ada cuman di Kampung Pining sehingga jarak yang kami tempuh dari Kampung Lesten menuju Kampung Pining sejauh puluhan kilometer,” sebutnya.

Hal itu dilakukan, lanjut Nasir, lantaran jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Meskipun bisa dilalui roda doa, namun jalannya sangat sulit bahkan bisa berakibat fatal.

Demi keselamatan, warga di sana tak punya pilihan lain selain menggunakan alat seadanya agar warga yang sakit bisa mendapatkan penanganan medis walaupun jaraknya lumayan jauh.

“Sudah belasan tahun akses jalan menuju Kampung Lesten yang setiap harinya dilalui masyarakat Kampung Lesten belum diperbaiki sampai sekarang,” tuturnya.

“Sehingga kami terpaksa menandu warga kami yang sedang sakit, karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan”.

M. Nasir juga berharap agar pemerintah daerah Kabupaten Gayo Lues agar tidak tutup mata terhadap keluhan jalan yang dilalui setiap harinya. “Dimana jalan tersebut sangat kami butuhkan selaku masyarakat Kampung Lesten sebagai akses satu-satunya menuju Kampung Lesten, dan sebagai peningkatan perekonomian masyarakat yang ada di Kabupaten Gayo Lues ini,” pungkasnya.

Penulis: Junaidi

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.