Gubernur Mahyeldi: Sudah Sepantasnya Pacuan Kuda Diselenggarakan di Sumbar

Sawahlunto, beritaterbit.com – Olahraga Pacu Kuda sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Sumatera Barat sejak zaman dahulu, bahkan sebelum zaman Penjajahan Kolonial Belanda. Karena itu sudah sepantasnya olahraga Kejurna Pacu Kuda ini diselenggarakan di Sumatera Barat (Sumbar).

Demikian diantaranya disampaikan gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah SP pada saat membuka secara resmi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacu Kuda piala Presiden RI seri 1 dan seri 2 yang ke 57 Tahun 2023 di Gelanggang Pacuan Kuda Kandi Sawahlunto, Minggu (30/07/2023).

“Sebagaimana disampaikan Walikota Sawahlunto yang juga sekaligus Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sumatera Barat Bapak Deri Asta tadi bahwa olahraga Pacu Kuda adalah olahraga dan budaya Sumatera Barat sudah ada, sudah dimiliki masyarakat Sumbar sejak zaman sebelum penjajahan Kolonial Belanda. Melalui olahraga Pacu Kuda ini dapat menjalin dan mempererat tali silaturahmi,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Mahyeldi katakan, Pemerintah Daerah dan Pengurus Provinsi (Pemprov) Pordasi Sumbar akan siap bahu-membahu untuk mensukseskan untuk mensukseskan kejurnas Kejurnas Pacu Kuda ini, bahkan jika event Kejurnas Pacu Kuda ini diselenggarakan setiap tahun di Sumbar, Pemerintah Daerah dan Pordasi Sumbar siap.

“Kejurnas Pacu Kuda ini selain bagus untuk pelaku olahraga berkuda khususnya di Sumbar, juga sangat mendukung misi Pemerintah Daerah untukk meningkatkan angka kunjungan wisataelalui tagline “Visit Bautiful West Sumatera 2023. Ini sangat positif,” lanjut Mahyeldi.

Diakhir sambutannya Gubernur Mahyeldi menyampaikan apresiasi kepada Ketua Umum Pordasi, juga Ketua Pordasi Sumatera Barat bersama seluruh Panitia yang telah berjibaku, bekerja keras sehingga Event Besar Kajurnas Pacu Kuda Seri 1 dan 2 Piala Presiden RI ke-57 dapat diselenggarakan dengan sukses.

Acara dihadiri oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman beserta Pengurus , Ketua Umum Pordasi Triwatty Marcino beserta Pengurus, Ketua KONI Sumbar, Anggota Forkopimda Provinsi Sumbar, Ketua dan jajaran Pengurus Pordasi Sumbar, Ketua Pordasi Provinsi dan Pemilik Kuda, Bupati Dompu, Nusa Tenggara Barat, Siak serta undangan lainnya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.