Eri Yulian: Dikbud Ikuti Lomba Qasidah Rabana Antar OPD Dalam Rangka Semarak Ramadhan

Bengkulu, beritaterbit.com – Ada hal menarik dalam menyambut bulan suci Ramadan 1444 H, dimana Pemerintah Provinsi Bengkulu (pemprov) menggelar Lomba Qasidah Rabana di halaman parkir Masjid Alif Lam Mim dengan pesertanya adalah seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Bengkulu.

Diketahui salah satu peserta yang tampil adalah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu. Perlombaan Qasidah Rabana bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar OPD, dimana nantinya setiap OPD yang tampil membawakan lagu wajib dan lagu pilihan yang dinilai oleh para juri yang sudah berkompeten di bidangnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat tampil sebagai vokalis sedangkan ibu-ibu memainkan alat musik rabana. Kadis dan timnya kompak membawakan lagu berjudul Mataharinya Dunia.

“Kegiatan ini sangat positif sebagai upaya pelestarian kesenian Islami yang kita miliki seperti rebana ini. Alhamdulillah tadi sudah tampil dengan maksimal,” ujar Eri Yulian, Kamis (30/3).

Selain itu melihat antusias peserta yang begitu positif, Pemprov Bengkulu akan menjadikan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, terutama dalam menyambut bulan suci Ramadan.

“Kegiatan ini Insya Allah akan terus kami laksanakan setiap tahunnya di bulan Ramadan untuk tetap menjaga keeksisan dari lantunan lagu qasidah,” jelasnya.

Ia juga menyatakan bahwa Islam merupakan agama yang memiliki perhatian tinggi terhadap dunia kesenian, ilmu pengetahuan dan sains. Hal itu ditandai dengan berkembangnya kesenian qasidah hingga saat ini.

“Dalam peradaban Islam, seni seperti qasidah dapat terus berkembang sampai saat ini dan memberikan semangat pada umat, mengingatkan kita yang terbaik akhlakul karimah,” tutupnya.

Sumber: Rilis

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.