Disdikbud Tinjau Beberapa Sekolah di Bengkulu yang Sedang Berlangsungnya Ujian Sekolah

Bengkulu, beritaterbit.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Bengkulu, melalui Kepala Bidang Pembinaan SMA, Three Marnope memantau pelaksanaan Ujian Sekolah. Pemantauan dilaksanakan di SMAN 2, SMAN 6, SMAN 10, SMAN 1, SMAN 3 dan SMAN 11 Kota Bengkulu.

Pemantauan dilakukan untuk melihat langsung prosesi pelaksanaan ujian sekolah, yang mana dalam pelaksanaanya tidak semua sekolah menggunakan sistem online, ada juga yang masih melaksanakan ujian sekolah dengan cara manual.

“Mode Ujian Sekolah di sekolah tidak sama, ada yang full berbasis komputer, ada juga yang google form, ada yang manual dan ada yang kombinasi,” jelasnya, Senin (3/4).

Dalam pelaksanaan ujian sekolah berjalan lancar, berbeda dengan ujian sekolah sebelumnya yang menggunakan sistem pengawas silang, maka ditahun ini seluruh rangkaian kegiatan murni dilakukan sekolah, pengawasannya pun dilakukan guru diinternal sekolah.

Kenapa SMA masih menerapkan Ujian Sekolah, terkait hal ini Three Marnope mengakui belum menerapkan sistem Asesmen Sumatif AKhir Semester (ASAS) seperti yang diintruksikan dalam Permendikbudristek no 21 tahun 2022.

“Iya tingkat SMA memang belum menerapkan Asesmen Sumatif dan masih menggunakan istilah ujian sekolah, namun tujuannya sama untuk pengambilan nilai tingkat akhir,” tutup Three Marnope.

Penulis: Rifky

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.