Disdikbud Provinsi Bengkulu Rakor Persiapan PPDB tingkat SMA tahun 2023/2024

Bengkulu, beritaterbit.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu menggelar rapat koordinasi petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2023/2024 di Hotel Nala Sea Side, Pantai Panjang Kota Bengkulu. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh kepala sekolah jenjang SMA, seluruh cabang dinas dari sembilan kabupaten dan menghadirkan narasumber dari Tim Saberpungli, Ombudsman serta Dukcapil.

Kepala Bidang Pembinaan SMA, Three Marnope MPd menuturkan, wacananya PPDB akan digelar pada akhir Juni 2024 namun keputusan tersebut masih menunggu kesepakatan pada rapat koordinasi PPDB.

Teknis pelaksanaan PPDB SMA akan digelar secara daring dan akan digelar serentak dengan tingkat SMK se-Provinsi Bengkulu, dengan pertimbangan jangan ada lagi para siswa yang mendaftar ganda.

Walau digelar serentak, pelaksanaan PPDB tingkat SMA tahun pelajaran 2023/2024 dengan tingkat SMK berbeda. Perbedaan itu terletak pada tata cara pelaksanaanya, jika PPDB tingkat SMA dilakukan berdasarkan zonasi dan dilaksanakan secara online. Untuk PPDB tingkat SMK, pendaftaran PPDB diserahkan ke sekolah masing-masing dan bebas zonasi. Disdikbud membatasi siswa dari luar kota dengan pemilihan jurusan, serta wajib melampirkan surat rekomendasi dari cabang dinas di kabupaten dan diketahui bidang SMK di Disdikbud.

Masih dikatakan Three Marnope ada perbedaan pada petunjuk teknis pada pelaksanaan PPDB tahun 2023/2024 nanti, dengan mengacu Permendikbud nomor 1 tahun 2023 serta Surat Edaran Kemendikbudristek tentang Pelaksanaan PPDB. “Tahun ini kita akan menggodok tentang Juklak dan Juknis penerimaan peserta didik baru tingkat SMA/SMK, ” tutupnya.

Penulis: Rifky

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.