Dinas PUPR Magetan Bidang SDA Membangun Embung, Guna di Sektor Pertanian

Magetan, Beritaterbit.com – Untuk menampung aliran air saat musim penghujan juga dari sumber air lainnya di sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Magetan membangun embung.

Disampaikan Kepala Dinas PUPR Magetan Muhtar Wahid bahwa, “Dari embung tersebut nantinya air akan disalurkan melalui saluran irigasi ke persawahan warga masyarakat sekitar, sehingga sektor pertanian khususnya para petani di desa akan meningkat,” jelas Muhtar, Selasa (23/4/2024).

Ia berharap dengan adanya embung tersebut nantinya, dapat menampung air saat musim penghujan tiba sehingga akan ada ketersediaan air untuk menyuplai irigasi saat kemarau tiba dan tentunya persawahan warga masyarakat desa dan sekitarnya akan tercukupi.

“Sehingga sektor pertanian bertambah maju dan kesejahteraan warga masyarakat pun akan meningkat,” bebernya.

Embung Campursari

Lanjut Muhtar Wahid, “Yang dirasa titik prioritaskan di pembangunan tahun 2024 ini adalah kebutuhan yang menyentuh pada kehidupan sehari-hari, selain jalan yaitu dari sumber daya air,” ucap Muhtar.

Pihaknya juga menyebut bahwasanya pembangunan yang belum tuntas di tahun kemarin kita lanjutkan di tahun 2024.

“Terkait embung yang belum sempurna di tahun kemarin, kita sempurnakan di tahun 2024 ini di antaranya Embung Terung. Kemudian kita bangun lagi embung hasil dari koordinasi dari desa, lahannya dari desa dan disiapkan oleh desa untuk pembangunannya nanti dari PUPR di Sidowayah Panekan,” jelasnya.

Masih kata Muhtar Wahid, “Kemudian ada bendung beringin yang kemarin paritnya jebol alhamdullilah tahun ini dapat DAK sebesar Rp 2,3 milyar yang mengaliri sawah kurang lebih 709 hektar di 12 desa, dan tahun ini semoga bisa selesai,” pungkasnya.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.