Dinas PUPR Kab Blitar Gelontorkan Pengadaan Langsung Untuk Padat Karya Agar Masyarakat Bisa Ikut Bekerja

Blitar, beritaterbit.com – Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Blitar dalam menyambut new normal ini, tengah mempersiapkan untuk pelaksanaan kegiatan fisik dengan sasaran utama sarana dan prasarana vital yang sangat dibutuhkan dan penting sebagai akses penghubung dan jalur untuk roda perekonomian yang dipakai oleh masyarakat baik itu jembatan, jalan dan saluran irigasi untuk peningkatan pertanian.

Sebelumnya, untuk penanganan dan pencegahan covid-19 sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat untuk tahun ini, sebagai target utama di setiap daerah tak terkecuali Kabupaten Blitar, dari kesemuanya hampir disetiap OPD diadakan refocusing anggaran untuk dialokasikan dalam hal penanganan pandemi tersebut, termasuk dinas PUPR.

Dengan sisa anggaran tinggal 52 milyar setelah direfocusing, untuk semua kegiatan dinas, dengan rincian sebagian untuk kebutuhan ATK serta honor pegawai dari sekian anggran tadi untuk 20 persen paket lelang tander sedangkan untuk pengadaan langsung yang diperbanyak untuk membantu percepatan pemulihan dampak dari Pandemi Corona ini, agar masyarakat sekitar bisa turut bekerja dan mendapatkan hasil serta bisa mengawasi pekerjaan agar hasilnya bisa baik dan maksimal sesuai standard yang berlaku, seperti penuturan Puguh Imam Susanto kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar kepada awak media Beritaterbit.com, Jumat (05/06/2020).

“Semua mengalami hal yang sulit pada pandemi ini, karena itu, PUPR ini kebanyakan berhubungan dengan fisik, maka sebisa mungkin kita turut membantu percepatan penanganan dampak covid-19 dengan lebih banyak paket pekerjaan (PL). Agar bisa membantu masyarakat terutama yang terdampak semisal kena PHK atau tidak bekerja karena pandemi ini, untuk bisa turut bekerja meskipun menjadi tenaga kasar atau tukang, agar mendapatkan penghasilan sekaligus ikut mengawasi dalam pekerjaan tersebut,” ungkap Puguh Imam Susanto.

Lebih lanjut Puguh, kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar menambahkan, dengan tidak maksimalnya lelang tander tahun ini bukan tidak ikut aturan , tapi lebih banyak untuk semacam padat karya agar bisa membantu meringankan beban masyarakat, terutama warga sekitar yang ketempatan fisik ini bisa ikut bekerja dan memberikan mereka tupoksi sebagai pelaksana sekaligus pengawas dalam pekerjaan tersebut, jadi bagus tidaknya pekerjaan nantinya juga tergantung pada masyarakat sekitar untuk turut serta sebagai pelaksana dan pengawas juga dalam pekerjaan itu.

“Tahun ini memang lebih sedikit lelang tander dan diperbanyak pengadaan langsung (PL), sekali lagi ini bertujuan untuk turut membantu percepatan penanganan dampak covid-19 yang dirasakan masyarakat kita, terutama bagi masyarakat yang secara langsung terdampak diberhentikan dari pekerjaannya agar bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Semisal masa pekerjaan ini 20 hari jadi masyarakat bisa mendapatkan upah per hari itu berapa kali 20 hari itu. Dan sesuai saran dari Bupati Blitar bahwa kita perbanyak padat karya untuk membantu meringankan beban masyarakat dari dampak pandemi covid-19 ini, untuk bisa bekerja menghidupi keluarganya,” tegas Kepala PUPR Kabupaten Blitar ini.

Puguh kembali menambahkan, tentang kapan dimulainya pekerjaan itu menunggu kesiapan dulu. Saat ini lelang sebagian sudah masuk tahap seleksi dan pengadaan langsung sebagian belum masuk. Sampai hari ini tadi, saya belum pernah menandatangani surat perintah kerja (SPK) tapi untuk surat mekanisme seleksi sebagian sudah.

“Saya berharap dengan ini bisa lebih banyak memfungsikan masyarakat sekitar, agar sebisa mungkin turut dalam percepatan penanganan dampak covid-19 ini. Saya juga akan turun secara langsung, selain memantau pekerjaan tersebut berjalan baik tidaknya, juga apakah dalam pekerjaan tersebut melibatkan masyarakat sekitar atau tidak, akan saya tegur dan ingatkan karena tujuan kita meringankan beban masyarakat dari dampak covid-19 ini, agar ikut mendapatkan penghasilan untuk biaya hidup mereka dengan berjalanya pekerjaan ini,” pungkas orang nomor satu Dinas PUPR Kabupaten Blitar ini. (San)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.