Dalam Rangka Sedekah Bumi, Desa Kampung Baru Akan Datangkan Dalang Kondang

Nganjuk, Beritaterbit.com – Dalam rangka mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dan mempertahankan seni budaya Jawa, Desa Kampung Baru Kecamatan Tanjunganom di bulan Juni akan mengadakan bersih desa atau lebih dikenal dengan sedekah bumi.

Acara yang rutin dilakukan masyarakat Jawa pada umumnya salah satunya Desa Kampung Baru yang nantinya akan menggelar pentas seni wayang kulit semalam suntuk, dimana acara ini akan dilaksanakan tepat pada tanggal 25 Juni 2023 malam.

Dijelaskan secara rinci di kediaman Dalang kondang Dwijo Kangko, Senin (15/5/2023), “Acara ini dalam rangka bersih desa atau sedekah bumi Desa Kampung Baru yang nantinya akan menggelar wayang kulit semalam suntuk yang berlokasi di Dusun Ketangi Desa Kampung Baru. Yang juga akan diramaikan oleh Pelawak Joklutuk dan Joklitik serta Sinden nyentrik mbak Lusi Brahman,” jelas Dwijo Kangko pada rilis video yang dikirim ke awak media Beritaterbit.com serta didampingi Kepala Desa Kampung Baru, Susilo Dwi Prasetyo dan perangkat desa.

Sementara itu Kepala Desa Kampung Baru, Susilo Dwi Prasetyo mengatakan, kegiatan ini rutin dalam rangka bersih desa/sedekah bumi yang mana kita sebagai generasi penerus bangsa seyogyanya kita uri uri.

“Kita sebagai warga negara yang cinta akan budaya dan seni serta menjunjung sifat gotong royong, dalam rangka kegiatan ini kami Pemerintah Desa Kampung Baru menggelar seni pentas wayangan semalam suntuk sebagai salah satu bentuk kita masyarakat Jawa mempunyai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmatnya,” beber Kades Kampung Baru.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.