Curah Hujan Yang Tinggi Kecamatan Pining Darurat Bencana Alam

Gayo Lues, Beritaterbit.Com – Win Zulfian, ST, selaku camat pining turun langsung ke kampung pasir putih yang saat ini dilanda banjir akibat meluapnya sungai pasir putih sungai itu juga sudah dekat di belakang kampung pasir putih. Akibat banjir sungai pasir putih dan anak sungai kampung pasir putih mengakibatkan tiga rumah warga rusak tertimbun pasir dan lumpur, jembatan jalan ke kebun mereka pun hampir putus dimana jembatan itu jalan satu-satunya ke kebun mereka. Camat pining juga mengatakan kepada sekretaris sekaligus PJ kepala desa pasir putih untuk sementara tanggap darurat bencana Alam, menggunakan dana desa yang ada demi kepentingan dan keselamatan masyarakat, karena situasi bencana yang saat ini sangat genting, akibat curah hujan yang tinggi.

Bukan hanya kampung pasir putih saja, ada empat kampung lagi yang Darurat Bencana Alam longsor dan banjir, yaitu kampung pining, pertik, pintu rime, dan pepelah tutur camat pining kepada awak media online Beritaterbit.Com, pada hari Jum’at 22 Januari 2020.

Kampung pining, pintu rime, dan pertik juga rawan banjir karena dekat di aliran sungai besar kampung pining, yang mudah meluap di musim hujan dan mengakibatkan dampaknya ke pemukiman warga dan persawahan masyarakat di pinggiran sungai besar pining.

Kampung Pepelah yang saat ini lagi dilanda longsor, mengakibatkan penduduk kampung pepelah Dusun Aih mengungsi di bur kerat, kafe satlit bumi. Penduduk pepelah Dusun Aih takut turun Bur Bersih karena Bur itu sudah retak, ada Sembilan titik dan sebagian sudah menjadi kolam diatas.

Bur Bersih itu sangat besar kalo turun habis menutupi dusun Aih kampung pepelah, oleh sebab itu masyarakat kampung pepelah memutuskan untuk mengungsi karena tidak nyaman tinggal di dusunnya lagi, kata pengulu kampung pepelah.

Win zulfian. ST, memohon kepada Pemerintah Daerah, Propinsi, Maupun Pusat agar memperhatikan terhadap bencana Alam yang saat ini melanda Beberapa kampung yang ada di kecamatan pining Akibat curah hujan yang tinggi, tutup nya.
(Jd)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.