Bentuk Dalam Ikut Andil Sebagai Warga Yang Cinta Akan Leluhur, Pengusaha Asal Nganjuk Ikut Meriahkan Kirab Tumpeng Raksasa

Nganjuk, Beritaterbit.com — Kirab budaya dan tumpengan dalam rangka bersih Dusun Tawangrejo Desa Kepel Kecamatan Ngetos Jawa Timur atau Nyadran pada Selasa (16/08/2022) berlangsung meriah. Tradisi dilaksanakan saban tahun itu dimeriahkan berbagai pagelaran seni tradisional.

Nyadran diawali dengan kirab budaya dan mengarak tumpeng keliling kampung dan diperebutkan di tengah jalan perempatan pasar desa diyakini sebagai tempat orang yang pertama kali membabat Desa Kepel.

Bagus Jati Kusumo pria yang tercatat sebagai warga asli Nganjuk ini yang sekaligus pengusaha muda juga sebagai Direktur Uama Surya Rajawali Television (SRTV) juga tercatat sebagai Sekretaris BP Pemilu DPC PDI Perjuangan Nganjuk. Nyadran merupakan tradisi untuk mengenang para leluhur terdahulu yang pernah membabat Desa.

Tujuannya untuk nguri-uri atau melestarikan kebudayaan tradisional Jawa agar selalu dikenang di kalangan masyarakat dan tidak hilang oleh peradaban zaman yang semakin maju. Ini juga wujud bentuk kebhinekaan tunggal ika, semoga warga Desa Kepel guyub rukun dan selalu menjunjung nilai kearifan lokal.

Prosesi Nyadran dihadiri berbagai kalangan termasuk para pejabat forkopimcam Ngetos. Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono.

“Semoga warga Desa Kepel juga Dusun Tawangsari khususnya yang bertempat tinggal di Lereng Wilis ini selalu diberikan kesehatan dan berkah oleh Allah,” pungkas Bagus.

Dengan kesederhanaanya juga khasnya yang berpakaian seadanya, Bagus Jati Kusumo nampak menyapa warga masyarakat. Sebelumnya nampak mobilnya berjalan sembari berbagi rejeki dengan membagikan uang ke masyarakat.

Ditanya terkait kehadirannya di Acara kirab tersebut, Bagus menjawab, saya hanya ikut meramaikan kegiatan ini saja agar juga lebih menambah kemeriahan apalagi ini juga bulan Agustus, tentunya juga Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77.

Reporter : Gendro

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.