Begini Harapan Kades Desa Tawing Dengan Adanya Posbindu

Tulungagung, beritaterbit.com – Bertempat di Dusun Pampang Desa Tawing Kecamatan Gondang Tulungagung, lebih tepatnya di rumah Bapak Maryono sebagai pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular atau Posbindu, Rabu (27/03/24).

Kegiatan Posbindu di Desa Tawing dilaksanakan tiap bulan, urutan pertama di Dusun Karang, kedua di Dusun Temanggungan, yang terakhir di Dusun Pampang. Jadi tiap bulan bergilir di masing-masing dusun dan Desa Tawing sendiri terdapat tiga dusun.

Antusias warga Desa Tawing tinggi terhadap program posbindu tersebut, terlihat di Dusun Pampang pelaksanaan posbindu berjubel peserta. Diperkirakan ada sekitaran 70 orang yang ikut dalam pemeriksaan kesehatan atau deteksi penyakit tidak menular.

Bidan yang menangani pemeriksaan, Indah Sulistiani mengungkapkan, kegiatan Posbindu ini rutin dilaksanakan setiap bulan sekali dengan tujuan utama untuk memantau dan menjaga kesehatan masyarakat desa.

“Kegiatan posbindu ini rutin dilaksanakan setiap bulan dari dusun ke dusun, dengan tujuan utamanya untuk memantau dan menjaga stabilitas kesehatan masyarakat desa,” ungkap Indah.

Senada dengan Kepala Desa Tawing Nanang Setiawan, bahwa kegiatan tersebut memiliki peran penting dalam mendeteksi penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol sejak dini. Posbindu menjadi garda terdepan dalam memberikan layanan kesehatan preventif kepada warga.

Lebih lanjut Nanang membeberkan, bahwa dalam kegiatan Posbindu kali ini para warga yang hadir mendapatkan pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan kolesterol secara gratis. Selain itu, mereka juga mendapatkan edukasi tentang kesehatan dari kader Posbindu yang terlatih.

“Dengan layanan posbindu ini, setidaknya sebanyak kurang lebih 70 warga termasuk perempuan dan laki-laki mendapatkan pelayanan kesehatan di Posbindu Dusun Pampang,” tambah Nanang.

Nanang berharap, dengan melaksanakan kegiatan Posbindu suatu bentuk upaya dari pemerintahan desa untuk melayani pelayanan kesehatan yang memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.

“Dengan adanya Posbindu, kesehatan warga Desa Tawing dapat lebih terjaga dengan baik dan mereka dapat terhindar dari penyakit tidak menular yang dapat mengganggu kualitas hidup mereka,” tuturnya.

Reporter: Agus

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.