Longsor Jalan Tembus Jembatan Enim III, Bupati minta Jalan Ditutup Sementara

Muara Enim, beritaterbit.com – Tingginya intensitas curah hujan beberapa hari terakhir sehingga menyebabkan meluap dan naiknya debit air Sungai Enim, mengakibatkan jalan lingkar Muara Enim tepatnya di dekat Jembatan Enim III terkikis dan longsor. Mengetahui hal tersebut, Rabu pagi (27/01) Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H., bersama Kapolres Muara Enim, AKBP. Danny Haposan Ardiantara Bungaren Sianipar, S.I.K. langsung meninjau lokasi kejadian dan menginstruksikan dinas terkait untuk segera melakukan perbaikan. Agar tidak membahayakan pengguna jalan, Bupati-pun meminta Kapolres Muara Enim yang juga berada di lokasi untuk menutup sementara jalan tersebut.

Dalam arahannya Bupati yang didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Muara Enim, Hermin Eko Purwanto, S.T., Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim, Abdul Rozieq, S.T., M.T., dan Kepala Desa Karang Raja, Okta Vianty, menghimbau para pengguna jalan untuk sementara waktu menghindari jalan lingkar Kecamatan Muara Enim yang melintasi Jembatan Enim III, Desa Karang Raja. Bupati juga menginstruksikan Dinas PUPR untuk segera mengambil langkah perbaikan.

Lebih lanjut Bupati mengusulkan Dinas PUPR untuk mengkaji kemungkinan pembangunan dam ataupun terowongan air sehingga aliran sungai tidak langsung mengenai tepian jalan.

Untuk menghindari risiko yang membahayakan pengguna jalan, Bupati meminta Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan Kasatlantas Polres Muara Enim, AKP. Desy Ariyanti, S.H., M.H., beserta jajarannya agar membatasi atau bahkan menutup jalan hingga kajian lebih lanjut dan mengalihkannya melalui Jembatan Enim II.

Dirinya juga meminta agar truk ataupun angkutan batubara yang sering melintas di Jembatan Enim III benar-benar diperiksa sehingga tidak melebihi kapasitas muatan yang telah ditentukan.(ltr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.