Lakukan Pelanggaran, Stand HMI Dibubarkan Pihak IAIN

BENGKULU, beritaterbit.com – Aksi anarkis yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bengkulu di halaman Rektorat IAIN Bengkulu, berawal dari penertiban Stand dan penyitaan Spanduk dan Bendera HMI serta beberapa Spanduk lainnya oleh Security IAIN Bengkulu atas arahan Wakil Rektor III Dr. Samsudin, M.Pd.

Penertiban tersebut sesuai dengan Keputusan Rektor tahun 2013 tentang Etika Mahasiswa Pasal 3, yang berbunyi Setiap mahasiswa wajib menjaga ketertiban, keamanan dan ketenangan untuk menciptakan suasana yang kondusif di lingkungan IAIN Bengkulu.

“Selain itu juga telah jelas pada Keputusan Rektor tahun 2013 Bagian Ke sepuluh tentang Politik Praktis dan Organisasi Ekstra Kampus Pasal 16 ayat 2, bahwa, Setiap mahasiswa dilarang melakukan kegiatan yang membawa nama atau pengatasnamakan Organisasi Ekstra Kampus,” jelas Wakil Rektor I Dr. KH. Zulkarnain Dali, M.Pd. saat menyampaikan klarifikasi kepada awak media. Kamis (29/3).

Beliau menambahkan dari peraturan itulah sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam HMI Bengkulu melakukan beberapa pelanggaran. Terlebih lagi mahasiswa yang turun aksi tersebut kebanyakan bukanlah mahasiswa IAIN Bengkulu tetapi mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Bengkulu.

Pelanggaran etika juga dilakukan oleh peserta aksi yaitu penghinaan terhadap pimpinan IAIN Bengkulu serta penerobosan masuk kedalam lingkungan IAIN Bengkulu secara paksa.

Buntut dari aksi anarkis yang dilakukan oleh HMI Bengkulu di dalam lingkungan IAIN Bengkulu tersebut berujung pada pemukulan salah satu anggota Security IAIN Bengkulu Syahroni (22) yang menyebabkan memar berdarah di bagian pelipis mata sebelah kiri.

Selain itu, aksi yang dilakukan tanpa pemberitahuan dari pihak kepolisian tersebut telah melanggar Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan menyampaikan Pendapat di Muka Umum Pasal 10 ayat 1, penyampaian pendapat di muka umum sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 wajib diberitahukan secara tertulis kepada polri.(Dilla)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.