Penyebab Vagina Sebelah Kiri Nyeri

Tidak diragukan lagi bahwa nyeri vagina itu menyebalkan. Hal tersebut dapat membuat hidup Anda lebih rumit dari yang seharusnya, apalaki jika anda memikirkan tentang berhubungan seks dengan pasangan atau pergi ke kamar mandi untuk buang air, tentunya hal tersebut akan langsung membuat Anda panik, bertanya-tanya Mengapa vagina saya sakit?

Alasan yang potensial di balik ketidaknyamanan yang Anda rasakan mulai dari sesuatu yang sederhana seperti infeksi jamur atau IMS hingga endometriosis. Langkah pertama untuk mengetahui dengan tepat apa yang mengganggu Anda adalah dengan menentukan dari mana rasa sakit itu berasal.

Berikut ini adalah beberapa penyebab vagina sebelah kiri nyeri:

1. Vagina Kering

Pada Bagian Vagina nyeri sebelah kiri bisa menjadi pertanda bahwa vagina anda kering. Pada umumnya, hal tersebut bisa terjadi terhadap wanita yang masih produktif akan tetapi sedang mengkonsumsi pil KB atau wanita yang sudah mengalami menopause. Biasanya, rasa nyeri pada vagina sebelah kiri akan timbul pada saat berhubungan seksual atau sesudah berhubungan seksual. Namu, tidak jarang juga vagina yang mengalami kering akan terasa nyeri yang berkepanjangan ketika anda beraktivitas seperti biasanya.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk anda menggunakan pelumas pada saat berhubungan intim bersama pasangan atau bisa berkonsultasi ke dokter spesialis jika rasa nyeri tersebut terus berlanjut.

2. Endometriosis

Bila anda sering mengalami vagina nyeri sebelah kiri atau kanan, ada kemungkinan anda mengidap gejala endometriosis. Endometriosis adalah gejala yang terjadi dikarenakan jaringan endometrium yang merupakan lapisan yang melapisi area rahim malah tumbuh di area lain pada vagina. Jaringan yang tidak seharusnya tumbuh pada tempat selain rahim tersebut akan mengakibatkan vagina terasa nyeri terutama jika anda sedang berhubungan seks dengan pasangan.

3. Trauma Fisik

Vagina sakit sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh trauma fisik yang dialami oleh vagina. Trauma fisik pada vagina terbagi menjadi 2 jenis yaitu trauma fisik berat yang bisa disebabkan oleh kekerasan seksual dan juga trauma fisik ringan yang bisa disebabkan oleh luka ringan yang terjadi karena anda mencukur bulu kemaluan.

4. Menstruasi

Vagina sakit sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh anda yang sedang mengalami haid atau menstruasi. Keadaan sakit pada vagina yang disebabkan oleh masa menstruasi ini normal jika rasa nyeri yang timbul cenderung ringan. Pada umumnya, rasa sakit yang timbul akibat otot pada bagian perut kram dan menjalar ke bagian vagina.

5. Infeksi Akibat Jamur

Infeksi yang diakibatkan oleh jamur bida menjadi salah satu penyebab dari vagina sebelah kiri nyeri yang paling sering terjadi. Infeksi yang diakibatkan oleh jamur juga dapat menimbulkan gejala lain seperti gatal pada area vagina, rasa panas yang tak tertahankan hingga bisa menyebabkan keputihan. Dalam beberapa kasus, ada wanita yang juga mengalami area vagina nya berbau amis serta akan merasakan sakit saat berhubungan seksual. Rasa sakit tersebut perlahan akan menjalar ke area kemih yang dapat menyebabkan rasa sakit terbakar akibat dari buang air kecil.

Untuk menghindari jamur yang tumbuh pada area sekitar vagina, anda bisa menjaga organ intim anda tersebut agar selalu kering. Selain dari pada itu, lap area vagina dengan tisu atau handuk setelah anda buang air kecil , menggunakan pakaian dalam yang agak longgar, dan juga rutin mengganti pakaian dalam minimal 2 atau 3 kali dalam sehari.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.