4 Bacaan Doa Aqiqah, Memohon Anak Yang Saleh Dan Mendapat Perlindungan

Hadirnya seorang bayi tentu membuat seluruh keluarga bahagia. Karena itu, Rasulullah SAW memberikan sunah berupa doa aqiqahuntuk menebar keberkahan atas kelahiran bayi.

Sebagai bagian dari keyakinan umat Islam, aqiqah tak sekedar sebuah upacara saja, namun juga diyakini sebagai ajaran yang telah dicontohkan Rasulullah SAW. Aqiqah merupakan bentuk syukur seorang muslim kepada Allah SWT atas karunia yang telah diberikan-Nya.

Ungkapan doa aqiqah harus benar – benar dilandasi dengan ketaatan dan keikhlasan semata – mata hanya karena Allah SWT. Karena itu, jika Ayah dan Bunda akan menggelar acara aqiqah untuk Si Kecil, maka jangan lupa lafalkan doa aqiqah, ya!

Nah, berikut ini ada 4 bacaan doa aqiqah yang bisa dilafalkan:

1. Doa Meminta Anak Saleh

Karena tiap anak berhak mendapatkan pendidikan dan perlakuan terbaik, maka para orang tua juga harus memanjatkan doa meminta anak saleh. Ayah dan Bunda bisa panjatkan doa dari Nabi Ibrahim AS yang sangat berharap kepada Allah SWT agar diberikan anak yang saleh.

Berikut bacaan doanya:

“Rabbi hablii minash shaalihiin.”

Artinya : “Wahai Rabbku, berilah aku keturunan yang salih.” (Q.S. Ass-Shaffat:100).

2. Doa Aqiqah Saat Menyembelih

Doa ini bisa dilafalkan sebelum menyembelih hewan aqiqah, umumnya kambing. Nama anak yang akan aqiqah bisa dimasukkan dalam doa ini untuk menggantikan kata fulan.

Berikut bacaan doanya:

“Bismillahi wallahu akbar, Allahumma laka wa ilaika hadzihi ‘aqiiqotu fulaan.”

Artinya : “Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar. Ya Allah, ini milik-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqah si Fulan.” (HR. Baihaqi).

3. Doa Untuk Perlindungan Bayi

Doa aqiqah ini telah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh orang – orang saleh terdahulu sebelum Rasulullah SAW.

Doa aqiqah selanjutnya merupakan firman Allah SWT dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 36, yang artinya:

“Tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata : ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki – laki tidaklah seperti anak perempuan.

Sesungguhnya aku telah menemani dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak – anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.” (QS. Ali Imran:36).

Selain itu, ada pula keterangan doa aqiqah lainnya dari hadis yang berasal dari Ibnu Abbas, yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW memanjatkan doa perlindungan untuk kedua cucu laki – laki beliau, yakni al-Hasan dan al-Husain.

Berikut arti bacaan doanya:

“Aku memohon perlindungan dengan kalimat – kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (HR. Abu Daud).

Doa Untuk Bayi Laki – Laki

“U’iidzuka bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammah, wamin kulli ‘ainin laammah.”

Doa Untuk Bayi Perempuan

“U’iidzuki bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammah, wamin kulli ‘ainin laammah.”

4. Ucapan Selamat Kelahiran Bayi Sebagai Doa

Kelahiran bayi menjadi momen yang paling menggembirakan bagi para orang tua dan tentunya keluarga yang lain. Karena itu, berikut ini ada doa ucapan selamat atas keharuan tersebut yang bisa dilafalkan sebagai doa aqiqah.

“Baarakallaahu laka fil mawhuubi laka, wasyakartal waahib, wabalagha asyuddah, waruziqta birrah.”

Artinya : “Semoga Allah memberkahimu atas pemberiannya kepadamu, engkau layak bersyukur, (semoga) anakmu cepat dewasa dan engkau diberi rezeki berupa baktinya kepadamu.”

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.