Telan Anggaran APBD 1 Miliar, Wartawan Dilarang Liput Proses Pelipatan Surat Suara

Seluma, Beritaterbit.com – Sebentar lagi pemilihan Kepala Desa secara serentak di 60 desa yang ada di Kabupaten Seluma akan digelar. Tahapan demi tahapan sudah selesai, sekarang ini tahapan pelipatan surat suara.

Proses pelipatan surat suara Pemilihan Kepala Desa saat ini sedang berlangsung di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Seluma.

Proses pelipatan surat suara dilakukan sendiri oleh Dinas PMD Seluma di ruangan sekretaris yang dikerjakan oleh staf dan tenaga honorer. Pelipatan surat suara tersebut disesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) desa yang melaksanakan pilkades.

Akan tetapi sangat disayangkan, proses pelipatan surat suara ini wartawan dilarang untuk melakukan peliputan. Dengan alasan untuk menjamin kerahasiaan surat suara yang nantinya akan dicoblos oleh pemilih.

“Jangan diambil gambar atau foto, ini rahasia,” ucap Kadis PMD Seluma, Nopetri Elmanto saat awak media akan mengambil gambar proses pelipatan surat suara.

Kadis PMD mengatakan, surat suara Pilkades berbeda dengan surat suara pileg ataupun Pilkada yang dilaksanakan KPU Seluma. Sehingga dilarang untuk dipublikasikan sekalipun untuk konsumsi pemberitaan.

“Jadi mohon maaf, kami tidak bisa mengizinkan untuk mengambil gambar ataupun foto proses pelipatan surat suara ini,” terang Nopetri Elmanto.

Namun ketika ditanya apakah ada aturan bahwa proses pelipatan surat suara dilarang untuk dipublikasikan. Kadis PMD hanya mengatakan demi kerahasiaan surat suara.

“Surat suara ini masih rahasia. Jadi tidak bisa untuk dipublikasikan,” ucapnya.

Sementara itu dari pantauan media tidak ada pengamanan di pintu masuk tempat pelipatan surat suara Pilkades ini. Hanya terlihat Satpol PP yang berada di teras kantor.

Sementara saat mencoba mencari aturan terkait larangan peliputan surat suara Pilkades ini. Namun tidak ditemukan aturan tersebut, sehingga dengan tindakan Dinas PMD Seluma yang melarang awak media meliput proses pelipatan surat suara ini menimbulkan tanda tanya besar. Untuk diketahui anggaran untuk pelaksanaan Pilkades 60 desa ini Rp 1 Miliar di APBD Seluma 2023.

Penulis: Yoyon

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.